Realisasikan Program RTLH

0
599
Doli Boniara

Dengan Datang nya TAHUN 2018 warga Hinterland Minta Kepada Pemda Kab, Karimun, untuk dapat merealisasikan Prokram Rumah Tak Layak Huni ( RTLH ) Daptar tunggu di pulau parit untuk 2 desa Desa Parit dan Desa Selat Mendaun Kec, Karimun.
085264664570

TANGGAPAN:
Untuk tahun 2018 ini, Provinsi Kepri tidak ada anggaran bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Jadi RTLH tidak ada, tapi kita akan upayakan menjolok anggaran dari pemerintah pusat.

Dana pemerintah pusat, hanya sekitar Rp15 juta untuk satu calon penerima bantuan. Dana yang minim itu tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mampu merehabilitasi satu unit rumah. Melainkan, hanya bisa membangun, misalnya beberapa sisi sudut rumah, misalnya, kamar mandi, dinding rumah misalnya pengecatan.

Baca Juga :  Dimana Mencari Buku Toponimi Tanjungpinang?

Kita juga sedang menjalin kerjasama dengan Dinsos Kabupaten/Kota di Kepri untuk melirik dan mendapatkan data penduduk pasti, relevan yang memang wajib dibantu oleh pemerintah.

Kerjasama dengan kabupaten kota ini, penting sebagai wujud melihat kultur daerah masing-masing. Tahun lalu ada sekitar 2.400 lebih RTLH yang memang sudah terdapat tidak layak huni dan harus dibantu. Kita sudah meminta Dinsos Kabupaten/Kota supaya calon penerima itu didata. Pendataannya, jangan karena kedekatan, melainkan masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan itu.

Sebenarnya di acara Musrenbang 2017 sudah kita masukkan, terakhir ada pertemuan di jakarta masih masuk. Cuma anggaran untuk RTLH ini sudah dilarikan ke Kementerian, nanti yang melaksanakannya adalah seperti satker.

Baca Juga :  Elpiji 3 Kg Nyasar ke Pedagang

Pada 2018 ini, Kepri mendapat penambahan program Keluarga harapan (PKH) 200 persen. Awalnya dari 20 ribu, menjadi 60 ribu calon penerima. Jadi kalau berbicara soal angka kemiskinan, memang yang disampaikan, BPS Kepri itu masih makro, artinya mungkin mereka punya rumah mewah, makanya sampai 180 ribu. (ais)

Doli Boniara
Kadisos Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here