Rehab Sekolah Rp 6,1 Miliar

0
617
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Camat Mantang Pilihan meninjau pembangunan jalan dan gedung sekolah, Sabtu (4/8) lalu.f-istimewa/kominfo

Hibah Lahan SDN 004 Pulau Sirai Belum Clear

BINTAN – PEMKAB Bintan mengalokasikan dana sekitar Rp 6,1 miliar untuk merehabilitasi gedung dan ruangan sekolah, pada tahun 2018 ini. Namun, rencana rehab SDN 004 kelas jauh di Pulau Sirai bakal ditunda, karena status hibah lahan belum clear atau belum selesai.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyatakan, Pemkab Bintan berkomitmen dalam membangun di bidang pendidikan. Secara bertahap dilakukan pembangunan infrastruktur sarana prasarana sekolah. Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dialokasikan dana sebesar Rp 6,1 miliar, untuk merehabilitasi sejumlah bangunan fisik sekolah SD dan SMP, yang ada di Kabupaten Bintan.

Pembangunan fisik dari dana itu meliputi pembangunan rumah dinas SMP 19 Bintan Pesisir, rehabilitasi 4 ruangan kelas SMPN 1 Bintan Timur, rehabilitasi 1 ruangan SMP 7 Teluk Bintan, rehab 1 ruangan majelis guru SMPN 7 Teluk Bintan, 1 ruangan majelis guru SMPN 6 Teluk Bintan, serta rehabilitasi ruang laboratorium SMP 6 Bintan Teluk Bintan. Untuk pembangunan jamban sekolah akan dilakukan di SMPN 8 Teluk Sebong, SMP Negeri 1 Bintan Timur, SMPN 5 di Gunung Kijang dan SMPN 19 di Bintan Pesisir.

Baca Juga :  Warga Inginkan Apri Sujadi Tetap di Bintan

Sedangkan rehabilitasi kelas Sekolah Dasar antara lain di SDN 2 Toapaya, SDN 2 Teluk Bintan, SDN 9 Teluk Sebong, SDN 3 Bintan Pesisir, SDN 5 Bintan Timur. Sedangkan rehabilitasi rumah dinas guru SD, dilakukan pada SDN 10 Teluk Sebong, SDN 9 Gunung Kijang, SDN 3 Bintan Utara, SDN 004 Bintan Pesisir, dan SDN 1 Toapaya. Untuk pembangunan jamban Sekolah Dasar, ditujukan di SDN 2 dan SDN 10 di Kecamatan Teluk Sebong.

”Itu direalisasikan tahun 2018 ini. Tahun 2019 nanti, kita alokasikan Rp 20 miliar lebih untuk penambahan insentif guru honor, dan uang makan. Itu ditujukan untuk 500 orang guru PAUD, 700 orang guru honor SD/MI, SMP, serta sekitar 300 tenaga adminitrasi sekolah dan kantor,” sebutnya.

Baca Juga :  Tak Defisit, Berkat Capaian PAD

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi membenarkan, dengan rencana kegiatan rehabilitasi dan pembangunan sarana sekolah dasar dan SMP itu. Khusus untuk SDN 004 Kelas Jauh Pulau Sirai Kecamatan Mantang, belum bisa direhabilitasi. Karena terkendala status lahan, yang hingga saat ini belum selesai.

Menurut Tamsir, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan belum menerima surat hibah dari masyarakat, pemilik lahan yang akan menghibahkan. Jika dalam waktu dekat ini, Dinas Pendidikan Bintan sudah menerima surat hibahnya, maka sekolah tersebut akan segera direhabilitasi dengan menggunakan dana APBD-P 2018 Bintan.

Baca Juga :  Usai Apel, Satlantas Langsung Lakukan Razia

”Seandainya tidak terkendala status lahan, sudah kita rehab SDN 004 Kelas Jauh Kecamatan Mantang di Pulau Sirai, sejak awal tahun 2018 lalu. Saat ini, kami masih menunggu surat hibah, yang informasinya masih diselesaikan di tingkat desa,” jelas Tamsir. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here