Rehap Masjid Jami’ Baiturahim Dimulai

0
363
Masjid Jami’ Baiturahim yang mulai di renovasi. f-indra/tanjungpinang pos

ANAMBAS- Masjid Jami’ Baiturahim Kota Tarempa, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas mulai direhap oleh Pemerintah Daerah. Proyek Pembangunan rehap dilakukan oleh CV Gugusan Pulau dengan nilai anggaran Rp 2,4 Miliar. Mulai hari ini, Senin (2/4) jamaah tidak bisa lagi melakukan aktivitas kegiatan salat di masjid ini.

”Mestinya seminggu yang lalu sudah mulai direhap. Tapi, pengurus masjid mengajukan permohonan penundaan pekerjaannya,” ungkap Effy Sjuhairi selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Anambas ketika ditemui di lokasi pekerjaan, Senin (2/4).

Katanya, akibat penundaan pelaksanaan pekerjaan pengurus masjid ingin melakukan pemindahan sejumlah barang yang ada di masjid, seperti sajadah, mimbar penceramah dan pelengkapan lainnya. Ia menambahkan, masa pekerjaan berdasarkan nilai kontrak selama 180 hari. Rehap pembangunan masjid Jami’ Baiturahim hanya dilakukan pembongkaran bagian atas masjid seperti kubah masjid, lantai atas masjid, sedangkan bagian dinding masjid tidak dilakukan pembongkaran.

”Hanya dibongkar bagian lantai atas masjid saja nantinya. Jamaah tidak bisa melakukan aktivitas salat dan diperkirakan selama 180 hari ditambah dengan masa pemeliharaan,”jelasnya.

Lanjutnya, proyek rehap masjid Jami’ Baiturahim pada tahun 2017 kemarin sudah dilelang, namun lelang proyek itu ditunda akibat tidak ada perusahaan yang ikut proses lelang. Oleh sebab itu, pihaknya mengajukan kembali untuk dilakukan lelang pada tahun 2018. Hal itu sangat dibutuhkan dan desakan masyarakat juga tinggi. entuk fisik juga sudah dinilai sangat memprihatinkan karena lantai atas masjid itu sudah banyak yang retak dan bocor ketika keadaan cuaca hujan.

”Pembangunan rehap masjid Jami’ Baiturahim dilakukan sesuai dengan permintaan masyarakat dan kondisi fisik bangunan bagian atas sudah sangat memprihatinkan. Mudah-mudahan pelaksanaan pekerjaan tidak mengalami kendala dan selesai dikerjakan sesuai dengan waktu yang ditentukan,”pungkasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here