Rekam Data, KTP Langsung Cetak

0
192
SARDISON rapat dengan Komisi I DPRD Kepri bahas KTP. F-martunas/tanjungpinang pos

Hari Ini Disdukcapil 5 kab-kota hadir di Gedung Daerah Tanjungpinang

Masyarakat Natuna, Lingga, Karimun, Bintan dan Tanjungpinang diberi kesempatan, Sabtu (2/3) hari ini untuk merekam data sekaligus mencetak KTP-el miliknya di Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – BAGI warga lima daerah ini, tak perlu pulang ke Natuna, Lingga atau Karimun hanya untuk mengurus KTP. Cukup di Gedung Daerah Tanjungpinang saja mengurusnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dari Natuna, Lingga, Karimun, Bintan dan Tanjungpinang hadir hari ini di Gedung Daerah Tanjungpinang. Mereka juga membawa peralatan rekam data dan printer untuk mencetak KTP.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri, Sardison mengatakan, pelajar yang sudah berusia 17 tahun atau mahasiswa maupun masyarakat dari Lingga, Natuna, Karimun dan Bintan yang belajar atau yang tinggal di Tanjungpinang bisa datang ke Gedung Daerah untuk mengurus KTP-nya.

”Syaratnya cukup bawa foto kopi Kartu Keluarga (KK) atau aslinya. Perekaman akan dilakukan dan langsung dicetak apabila sinyal sedang bagus,” jelas Sardison kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Jumat (1/3).

Kehadian Disdukcapil lima kabupaten/kota itu di Tanjungpinang untuk memberi kemudahan bagi warganya masing-masing. Sehingga di perantauan sekalipun, bisa mendapatkan KTP.

Karena itu, Sardison berharap agar kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya oleh warga dari lima kabupaten/kota tersebut. Sebab, jarang-jarang kemudahan seperti ini bisa dilakukan.

Dijelaskannya, perekaman dan pencetakan KTP ini hanya satu hari saja yakni Sabtu, hari ini. Sedangkan Minggu tidak dibuka lagi. Selasa pekan depan, rencananya akan dilakukan rapat kerja teknis (rakernis) dengan 275 kepala desa se-Kepri di Kantor Gubernur Kepri di Dompak.

Akan hadir dua Dirjend dari dua kementerian berbeda yakni Dirjend dan Kementerian Desa dan Dirjend dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dirjend dari Kementerian Desa akan menyampaikan hal-hal teknis yang baru soal penyaluran dan penggunaan Dana Desa (DD) kepada seluruh kepala desa di Kepri.

”Ini kan sudah lima tahun Dana Desa diberikan pemerintah. Ada hal-hal terbaru yang akan disampaikan Pak Dirjend nanti. Jadi semua kepala desa se-Kepri wajib hadir,” tegasnya.

Kemudian, kehadiran Dirjend dari Kemendagri ikut hadir terkait Pemilu. Peran kepala desa sangat besar di daerah administrasi kerjanya.

Kepala desa akan diminta untuk menyosialisasikan Pemilu kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat di pedesaan tidak tahu kapan Pemilu hingga akhirnya banyak yang golput.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here