Reklamasi Jangan Sumbat Aliran Sungai

0
589
Reklamasi penimbunan lahan PT Grace Riech Marine (GRM) Karimun di Kelurahan Sungai Pasir, Meral, Karimun.F-alrion/tanjungpinang pos

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Karimun menyoroti aktivitas reklamasi penimbunan lahan PT Grace Riech Marine (GRM) Karimun di Kelurahan Sungai Pasir, Meral, Karimun yang sedang berlangsung saat ini.

KARIMUN – PIHAKNYA mendapat laporan penambangan lahan perusahaan PT GRM menyebabkan tertutupnya Daerah Aliran Sungai (DAS) dari pemukiman penduduk ke arah laut.

Hal itu menyebabkan air terendam dan rawan menyebabkan banjir di pemukiman penduduk sekitar ketika air laut sedang pasang besar.

Perusahaan harus memperhatikan hak-hak masyarakat atau pemilik lahan. Di sekitar areal lahan, sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan atas akses masuk ke lahan mereka.

Baca Juga :  Nelayan Tuding Staf DKP Bermain Mata

”Dalam waktu dekat ini, kami akan melihat kembali aktivitas proses penimbunan lahan dengan pasir laut dan tanah,” ujar penasehat LSM Karimun Hijau, Iwan Kurniawan, kemarin.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten Karimun turun lapangan memantau aktivitas reklamasi. Sehingga tidak menimbulkan persoalan antara pihak perusahaan dengan masyarakat sekitar, guna mengantisipasi persoalan yang bakal muncul di belakang hari kemudian.

Am, pemilik lahan yang berbatasan langsung dengan lahan perusahaan merasa keberatan dengan tertutupnya aliran sungai dari daratan ke laut. Sehingga lahan mereka digenangi air dan akan surut dalam waktu yang lama. Ia berharap, pemerintah menjembatani persoalan yang dihadapinya dengan pihak perusahaan.

Baca Juga :  Polisi Amankan Petasan dan Bunga Api

”Pemilik lahan di sekitar sini, tidak hanya kami. Ada beberapa orang pemilik tanah yang berbatasan langsung dengan pihak perusahaan, akibat reklamasi akses dari darat ke laut menjadi tertutup. Perlu diketahui, kami mendukung investasi masuk di dekat tanah. Tetapi jangan sampai menimbulkan kerugian bagi pemilik lahan di sekitarnya,” tutur dia, Selasa siang (16/1) kemarin.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here