Reklamasi Tugu Pensil

0
312
kawasan tepi laut kini sedang direklamasi. f-raymon/tanjungpinang pos

MBS. Tak kreatif. Pemprov Kepri mau reklamasi tepi laut tpi, masih banyak tempat lain yg harus dibenahi kalau untuk mempercantik kota Tanjungpinang sebagai ibukota prov kepri. Seperti daerah pemukiman di sepanjang pantai antara tugu pensil ke kantor walikota lama. Atau tugu pensil dibenahi. Direklamasi.
081372337575

Menata Tepilaut
MBS Gub Kepri pak Nurdin yang terhormat. Ttg rencana bapak nak menata wilayah telok keriting dg alasan sebagai pintu masuk kota tanjungpinang. Boleh aja. Tapi bagaimana dengan pemukiman yg berdiri di antara tugu pinsil dan kantor perpustakaan daerah. Yang merupakan halaman kota tpi, sebelum sampai ke wilayah teluk keriting.
081372337575

Pemandangan Laut Terhalang Pagar
Mbs kepada pak wali agar pagar lamanbunda itu dipotong rendah saja, supaya masarakat yang duduk di situ dapat menikmati indahnya laut dan pantai serta alam sekitar, bukan melihat tembok dan bunga saja.
081372337575

TANGGAPAN:
Kita ingin kawasan Teluk Keriting, Kota Tanjungpinang memberikan pesona baru untuk kepariwisataan.

Pembenahan itu mulai dilakukan dengan merehab 124 rumah yang akan menjadi destinasi baru wisata di Ibu Kota Kepri ini.

Kita akan buat semenarik mungkin. Untuk rumah-rumah tersebut diharapkan juga menghadap ke laut. Biar makin menarik ketika dipandang mereka yang datang dan pulang dari Tanjungpinang).

Ada pembangunan jalan beton juga untuk memperlancar pergerakan di kawasan tersebut.

Untuk pembangunannya terus berlanjut dan kini sudah banyak pihak swasta yang ingin berinvetasi di kawasan Gurindam 12, Tepilaut. Kita terbuka dan memberikan izin kepada calon investor yang ingin berinvestasi di Kota Tanjungpinang.

Kebetulan ada lokasi yang mungkin, bisa kita tawarkan kepada dunia usaha. Mudah-mudahan mereka tertarik untuk berkontribusi

Investasinya bisa pariwisata, hotel, kuliner, atau juga mal, karena infrastrukturnya sudah bangun.

Dengan catatan, memastikan investor harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Tidak boleh melanggar ketentuan, pemerintah siap memberikan kemudahan.

Pemko Tanjungpinang juga mesti sama-sama mendorong pembangunan dilakukan.

Kalau mengikuti aturan, pasti kita bantu. Kalau masih terhambat juga, kita dudukkan sama-sama. Jangan membuang kesempatan sebab kita tidak bisa hanya duduk diam, nanti tertinggal.

Investor enggan membuka usaha d daerah karena terhambat aturan yang tidak singkron dengan zaman sekarang ini.

Investasi yang diterima tidak akan menggangu kegiatan proyek yang sedang dibangun saat ini.

Masih banyak ruang kosong, terserah mereka mau bangun apa. Yang penting menunjang pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang. Misalnya mau bangun wisata, sejarah, kuliner juga boleh. (ais)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

TANGGAPAN:
Nilai Proyek Gurindam 12 kontraknya Rp487 miliar lebih, bersumber dari dana APBD Kepri tahun anggaran 2018, 2019 dan 2020, mulai dilakukan penimbunan pasir di kawasan Tepilaut.Proyek Gurindam 12 juga disebut sebagai proyek jembatan lingkar dikerjakan oleh PT Gunakarya Nusantara.

Proyek ini tertuang dalam perjanjian kontrak 2.2/SP-HS/MY-FSK/PUPP-BM/APBD/X/2018 pada 2 Oktober 2018 dengan masa pengerjaan 822 hari kalender.

Penimbulan dilakukan setelah proyek pengamanan pantai yang didanai dari APBN sebesar Rp10 miliar melalui Satuan Kerja Balai Wilayah Sumatera II Kementerian PUPR Pusat, selesai memasang batu miring.

Pembangunan pengaman pantai dilaksanakan sepanjang 550 meter di Tepi laut Tanjungpinang dengan alokasi dana APBN Rp10 miliar. Proyek Pengamanan Pantai yang dilaksanakan, merupakan bagian kegiatan yang terpisah tetapi simultan dari Proyek Gurindam 12.

Proyek pengamanan pantai yang dilaksanakan dilakukan dengan pembuatan brakvater berupa penimbunan batu pemecah dibibir pantai berbagai pombak mulai dari kawasan pantai Ocean Coner hingga ke kawasan bibir pantai Tanjung Buntung.

Pantuan lokasi Selasa kemarin, terlihat satu kapal tongkang membawa pasir dengan nama tongkat Fly Power 2502, sedang membongkar pasir dan menimbun kawasan tepiluat, khusus di depan jembantan tepilaut. Dua alat berat terlihat di dalam tongkat tersebut. Belum diketahui, pasir tersebut berasal darimana, apakah pasir darat atau pasir laut.

Ada kemungkinan tanah bukit di Pulau Dompak akan diratakan untuk menimbun Tepilaut. Sehingga makin banyak manfaat yang diperoleh. Pembangunan Pulau Dompak akan lebih cepat karena sudah rata. Bahkan, ia menduga, tanah dari Pulau Dompak tak mencukupi. Karena tanah yang dibutuhkan cukup banyak nanti.

Kemudian, pasir laut juga akan disedot. Sekaligus memperdalam alur kapal. Manfaatnya benar-benar banyak nanti.

Untuk menimbun laut tersebut, ada dua alternatif. Bisa lewat laut, bisa juga lewat darat. Nanti tergantung mana yang lebih efisien dan lebih cepat serta tidak mengganggu arus lalu lintas darat dan laut.

Jika ditimbun lewat laut, maka dibutuhkan banyak tongkang untuk membawa tanah ke sana. Namun, jika penimbunan lewat darat, maka banyak truk yang lalu lalang di jalan raya nanti.

Untuk daerah penimbunan akan dimulai dari depan Gedung Daerah hingga Jembatan Penyeberangan Tanjungbuntung. Panjangnya sekitar 800-an meter dan akan dimulai tahun ini.

Adapun lebar penimbunan sekitar 50 meter. Tinggi timbunan disesaikan dengan kondisi air saat pasang. Sehingga tidak mengganggu nanti pembangunan jalan di atas tanah timbunan itu.

Luas jalan yang akan dibangun di atas timbunan itu cukup lebar yakni tiga lajur dengan lebar 30 meter. Namun, belum dipastikan apakah jalan akan dibangun tahun ini atau masih menunggu lahannya matang dulu.

Yang pasti, alat berat akan diturunkan untuk memadatkan tanah timbunan itu. Kemudian, lahan kering yang ditimbulkan akibat penimbunan laut itu akan dijadikan taman atau Ruang Terbuka Hijau dan dibangun berbagai sarana dan wahana lainnya.

Abu Bakar memastikan, akan disiapkan tempat untuk pembangunan masjid apung seperti yang direncanakan Pemko Tanjungpinang. Soal siapa yang membangun, kemungkinan akan dibangun Pemko.

Jalan juga akan dibangun dari sekitar depan Gedung Daerah ke jalan baru yang akan dibangun itu. Sehingga, akses terbuka untuk dua jalur yakni jalan yang sudah ada saat ini dan jalan baru tersebut.(bas)

Abu Bakar
Kadis Pekerjaan Umum Pemprov Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here