Rekomnya Kedaluwarsa, Pelantikan Gagal lagi

0
409

Pemko Tanjungpinang telah menerima surat izin pelantikan untuk 170 pejabat eselon III dan IV dari Kemendagri.

TANJUNGPINANG – Namun, uniknya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengamanatkan pelantikan terhadap 170 dilakukan oleh Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah yangs duah tdiak menjabat lagi dan bukan kepada Penjab Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza.

Kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo ini telah menerbitkan izin kepada Pemko Tanjungpinang, tertanggal 31 Januari 2018. Namun, sayangnya, izin melantik dan mengisi jabatan ini sudah tidak berlaku lagi, alias Kedaluwarsa. Karena, masa jabatan Lis Darmansyah jadi Wali Kota Tanjungpinang berakhir 16 Januari lalu.

”Kita juga bingung, kenapa Otda mengeluarkan surat pelantikan ditujukan kepada Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah. Suratnya ditandatangani 31 Januari. Pak Lis masa jabatannya habis 16 Januari lalu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Kata Tengku Dahlan, surat rekomendasi pelantikan 170 pejabat, terpaksa harus dipulangkan lagi ke Kemendagri. Maka saat ini pelantikan 170 pejabat gagal lagi. Masih menunggu arahan dari Mendagri lagi. Mestinya, sambung dia dalam surat rekomendasi pelantikan, Otda menunjuk Penjab Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza melantik. ”Kita kembalikan lagi rekomendasi tersebut ke Kemendagri,” tegasnya.

Pengajuan surat rekomendasi lagi, tegas Tengku, tidak ada melakukan perubahan nama eselon III dan IV yang bakal dilantik oleh Pj Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza. ”Yang kita ubah itu hanya ditujukan surat rekomendasi. Supaya surat rekomendasi pelantikan tidak salah lagi ditujukan oleh Dirjen Otda nanti,” ucap Tengku.

Tengku katakan, pihaknya sudah mengirim surat rekomendasi pelantikan untuk ASN Pemko Tanjungpinang ke Dirjen Otda melalui via email.  ”Sudah beberapa hari gitu kita kirim suratnya,” tegas dia.

Kata dia, jika ada yang perlu dilakukan diskusi, maka pihaknya akan terbang dari Tanjungpinang menuju ke Kantor Dirjen Otda yang berada di Jakarta. ”Kita tunggu ajalah,” sebut dia.

Informasi yang berkembang, Raja Ariza bakal tidak mau melantik pejabat tersebut, sebab, nama-nama yang diajukan bukan rekomendasinya bersama dengan baperjakat sekarang. Bahkan salah satu pejabat eselon II di lingkungan Pemko Tanjungpinang, berharap agar pelantikan segara. Sebab, menyangkut mengenai pelayanan masyarakat.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here