Rekreasi Sambil Belajar

0
588
REKREASI: Siswa PAUD di Melayu Bersinar rekreasi ke Mini Zoo Kijang, Bintan, Sabtu (11/2). f-DESI LIZA PURBA/tanjungpinang pos

Siswa PAUD Melayu Bersinar ke Mini Zoo Kijang

Tanjungpinang – Sekitar 45 orang anak yang tergabung dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Pendidikan Melayu Bersinar yang terletak di Bintan Center, Batu 9 Tanjungpinang melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Yaitu dengan mengunjungi kebun binatang kecil atau mini zoo di Kijang, Kabupaten Bintan.

Kegiatan dilaksanakan, Sabtu (11/2) mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 pagi. Para anak-anak antusias mengikuti acara bertemakan rekreasi tersebut. Apalagi dapat melihat langsung berbagai binatang yang ada.

Mereka terbagi beberapa kelompok, yang masing-masing memiliki pembina. Maka secara bergantian para siswa diajak mengunjungi kandang atau tempat binatang yang satu ke yang lainnya.

Di mulai dari kandang buaya, berbagai ekspresi ditunjukkan siswa saat melihat reptil bertubuh besar yang hidup di air tersebut. Dalam kesempatan itu, pembina juga memberitahukan makanan utama buaya yaitu apakah ikan maupun daging lainnya.

Kemudian siswa menuju ke ular, burung merak, burung elang, kelinci, termasuk koleksi kupu-kupu yang ada. Para siswa diberitahu jenis-jenisnya, sesuai yang tertera di papan nama setiap binatang.

Sesuai pantauan Tanjungpinang Pos, bukan hanya siswa Pendidikan Melayu Bersinar, tetapi di waktu bersamaan ada Siswa SD 004 Tanjungpinang Barat juga sedang berkunjung.

Dalam rekreasi tersebut, tak sedikit orang tua yang juga ikut, bahkan ada yang mengaku baru pertama kali berkunjung.

Kordinator Pendidikan Melayu Bersinar Eni Risnawaty menuturkan, dalam satu tahun, direncanakan ada dua kali materi pembelajaran di luar kelas. Memasuki semester dua tahun ajaran 2016/2017, siswa diajak ke mini zoo Kijang.

Mungkin dalam waktu dekat, juga direncanakan kunjungan ke salah satu media di Tanjungpinang. Apakah itu media cetak ataupun elektronik. Untuk hal ini, masih tahap penyusunan.

”Ini memang kali pertama kami mengajak siswa rekreasi ke kebun binatang. Hasilnya baik karena melihat siswa sangat antusias, apalagi ada dukungan dari pihak orang tua,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, saat di jumpai di lokasi.

Dituturkannya, ada beberapa pilihan tempat rekreasi di Tanjungpinang dan Bintan. Diantaranya ke pantai, kebun binatang maupun ke Pulau Penyengat. Hanya untuk tahap awal ini memilih ke kebun binatang dulu.

”Mungkin kalau ke pantai maupun Pulau Penyengat untuk siswa yang kelasnya lebih tinggi. Untuk PAUD, kami memilih ke kebun binatang saja, biar lebih mudah diawasi,” ungkapnya.

Ia berharap di bawah pembinaannya, siswa dapat bertumbuh mengenal lingkungan serta mampu beradaptasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya.

Di Pendidikan Melayu Bersinar ada beberapa jenjang pendidikan. Yaitu PAUD untuk Taman Penitipan Anak dan Kelompok Bermain. Selain itu ada bimbingan belajar untuk Pra TK, SD, SMP. Bahkan ada privat dan les beberapa alat musik.

”Untuk keluarga yang mampu bisa mendaftar ke Pendidikan Melayu Bersinar di Bintan Center. Tapi untuk keluarga tak mampu, yayasan kami memiliki dua tempat pelayanan pendidikan digratiskan. Yaitu di Tanjungunggat dan Lembah Purnama,” paparnya singkat.(DESI LIZA PURBA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here