Rektor UMRAH Buka Monev KKN Revolusi Mental

0
655
EVALUASI: Rektor UMRAH, Prof Dr Syafsir Akhlus Msc melakukan evaluasi pelaksanaan KKN yang sedang berlangsung bersama dosen pembimbing. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof Dr Syafsir Akhlus MSc membuka acara monitoring dan evaluasi (Monev), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Revolusi Mental di Gedung Rektorat UMRAH di Dompak, Selasa (5/9). Acara tersebut, merupakan paparan kegiatan mahasiswa KKN Revolusi Mental dalam mendukung Gerakan Revolusi Mental dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Syafsir Akhlus mengatakan, kegitan KKN Revolusi Mental bertujuan untuk mengembalikan nilai-nilai leluhur dengan membentuk karakter masyarakat Indonesia seperti integritas, etos kerja dan gotong royong. ”Dengan program ini, mahasiswa KKN sebagai insert dalam Gerakan Revolusi Mental mampu memberikan kontribusi untuk mendorong masyarakat untuk membangun desanya dengan budaya bangsa Indonesia yang melayani, tertib dan mandiri,” ujar Syafsir Akhlus, Selasa (5/9).

Pada acara tersebut, beberapa orang Tim Kemenko PMK langsung mendengar paparan dari kelompok mahasiswa KKN Revolusi Mental. Kedua kelompok tersebut, yakni Kelompok KKN di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang dan Kelompok KKN yang berada di Desa Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan.

Fauzan, salah satu mahasiswa UMRAH yang sedang melaksanakan KKN Revolusi Mental di Kelurahan Kawal mengatakan, ia beserta mahasiswa dalam kelompoknya telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan tema Indonesia melayani, tertib dan mandiri yang telah dicanangkan pihak Kemenko PMK.

Seperti membantu aparatur pemerintahan di kelurahan dan kecamatan. ”Kami belum lama ini, telah menggelar kegiatan Festival Otak-otak Kawal. Kegitan tersebut untuk membangkitkan masyarakat Kawal, dalam meningkatkan perekonomian melalui kuliner yang telah lama terkenal di kelurahan tersebut,” sebut Fauzan.

Selain itu, kegiatan lainnya yakni membantu mendistribusikan beras Raskin untuk warga di kantor Kelurahan Kawal serta membantu dalam pelayanan masyarakat di Puskesmas Kawal. ”Keberadaan kelompok KKN kami di Kelurahan Kawal, diterima oleh masyarakat dan antusiasme masyarakat dalam beberapa kegiatan yang kami gelar seperti gotong royong,” ungkapnya.

Serta kegiatan lainnya sangat disambut baik dan masyarakat juga turut serta terutama pemudanya. Setelah masing-masing kelompok memaparkan beberapa kegiatan yang digelar, kemudian dilakukan diskusi bersama pihak Kemenko PMK. Untuk perbaikan kedepan. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here