Relang Disiapkan Seperti Genting Island

0
911
Bambang Purwanto

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam sedang menyiapkan konsep besar untuk Batam. Termasuk di dalamnya untuk peningkatan pariwisata.

Dalam mendorong bidang pariwisata ini, BP Batam akan membentuk Biro Pariwisata tahun 2018. Pilihan membentuk tahun depan karena terkait anggaran.

Deputi 5 BP Batam, Brigjen Pol Bambang Purwanto, mengatakan, mereka baru membentuk biro tersebut tahun depan setelah revisi anggaran.

Jika dilakukan sekarang, anggaran untuk struktur baru bidang pariwisata belum ada. Dimana, di BP sendiri, biro bidang khusus pariwisata belum ada. ”Anggaran di 2018 belum masuk, makanya kita akan revisi dulu anggaran, baru bentuk struktur Biro Pariwisata,” ujarnya, Senin (4/12).

Baca Juga :  Ekonomi Buruk, Janda Bertambah

Biro Pariwisata ini diakui penting karena mereka kini menyadari jika bidang pariwisata potensi dan kekuatan Batam ke depan.

”Sekarang kita sedang menyiapkan konsep besar untuk Batam. Tugas saya membantu Kepala BP untuk meningkatkan pariwisata,” ujar Bambang.

Terkait dengan Pemko Batam yang sudah lebih dulu mengelola pariwisata melalui Dinas Parawisata dan Kebudayaan, Bambang tidak mempermasalahkan. Dijanjikan, Biro Parawisata BP tidak akan berbenturan dengan Pemko. Namun akan saling mendukung.

”Saya yakin tidak akan ada benturan dengan Pemko. Saya akan ajak mereka, baik Pemprov, Pemko dan Kementerian Pariwisata. Kita akan bersama membuat event. Saya akan rangkul. Kalau disatukan, akan kuat. Jangan buat satu-satu, tapi kecil-kecil,” janjinya.

Baca Juga :  Ingin Tunjangan Tahun 2019 Ditambah

Disampaikannya, Batam memiliki banyak potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia. Sektor pariwisata dapat membangkitkan ekonomi Batam di tengah lesunya industri shipyard dan manufaktur beberapa tahun belakangan ini.

”Kita semua tahu Batam punya potensi wisata yang luar biasa, alamnya sangat indah,” bebernya.

BP juga sedang menyiapkan video mengenai pesona alam Kota Batam yang akan dibawanya ketika melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Melalui vidio tersebut akan dijadikan media untuk promosi, sehingga bisa menarik wisatawan dan juga investor untuk datang ke Batam.

Baca Juga :  Pas Pelabuhan Mahal, Layanan Minim

”Videonya berdurasi 30 menit, itu akan saya bawa ketika melakukan perjalanan ke Cina, Hongkong dan negara-negara lainnya,” kata Bambang.

Tidak hanya Batam, Bambang juga sedang menyusun konsep untuk mengembangkan wilayah Rempang Galang menjadi kawasan wisata terpadu seperti di Genting Island, Malaysia.

Pihaknya sedang mengkaji berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadikan Genting Island menjadi seperti sekarang. ”Rempang Galang sedang kita bahas. Relang itu potensi pariwisata besar, terutama Pulau Abang,” bebernya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here