Relawan ENJ Terima Donasi

0
632
Penghijauan: Rombongan Dulur Salembur Tanjungpinang Bintan ramai-ramai membawa bibit pohon untuk ditanam di samping Sungai Pulai. F-Suhardi/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Tahun 2017 merupakan tahun ketiga Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. Salah satu relawan ENJ 2017 dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang Bryan Akbar mengatakan, menjelang pelaksanaan ENJ 2017 25 Juli hingga 5 Agustus mendatang, pihaknya menerima donasi bantuan, yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat di pulau terdepan yang disinggahi kapal ENJ.

”Kita juga akan membuka posko untuk penerimaan bantuan berupa buku dan pakaian yang bakal kita serahkan ke masyarakat yang ada di daerah-daerah disinggahi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (2/7). Tidak hanya pakaian dan buku, namun pihak relawan ENJ juga menerima sumbangan berupa sembako, obat-obatan serta bibit pohon.
Dituturkannya, dari UMRAH bukan hanya dia saja melainkan ada 23 peserta lainnya yang lulus seleksi.

Kampus UMRAH menjadi salah satu dari 46 perguruan tinggi seluruh Indonesia, yang ikut berpartisipasi pada ENJ tahun ini. Rute keberangkatan yang akan dilalui, yakni Tanjungpinang, Kuala Maras, Midai, Pulau Tiga serta Sedanau.

Untuk rute pulang, akan melintasi Ranai atau Penagi, Subi, Serasan, Sintete, Tambelan dan Tanjungpinang. ENJ pada tahun ini terdiri atas ENJ Kelompok Mahasiswa dengan Kapal Perintis, ENJ Kelompok Pemuda atau Umum dengan Kapal Perintis, dan ENJ Kelompok Siswa dengan KRI Dewaruci.

ENJ 2017 akan melibatkan generasi muda pilihan sebanyak 3.068 orang dari Sabang sampai Merauke sebagai peserta untuk bersama membangun negeri. Para generasi muda akan melakukan pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan daerah perbatasan Indonesia.

Sebuah kesempatan berharga bagi generasi muda, untuk mendapatkan pengalaman berkontribusi dalam pembangunan nasional. Tujuan kegiatan ini, untuk menggerakkan semua elemen bangsa khususnya para pemuda untuk melakukan kegiatan pelayaran sebagai upaya mendukung pembangunan Poros Maritim Dunia. Para peserta ENJ 2017 akan menggunakan Kapal Perintis dengan mengusung empat program yaitu Ekonomi Kreatif, Kesehatan, Lingkungan dan Pendidikan. Ini akan menjadi kesmepatan berharga mengenal pulau-pulau di Indonesia. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here