Renang Incar Medali di PON Papua

0
607
SKY dan Gesit tersenyum usai memastikan diri lolos ke PON, pada ajang FAI Kejurnas renang 2019, di Jakarta.

TC Mandiri di Kolam Renang Dendang Ria

Sky Lionardo, satusatunya atlet renang yang memperkuat kontingen Kepri di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, September 2021.

TANJUNGPINANG – ATLET asalah Tanjungpinang ingin menyumbangkan medali pertama bagi kontingen Kepri dalam sejarah PON. Kepri baru tiga kali mengikuti PON, yakni PON Kaltim 2008, PON Riau 2012 dan PON Jawa Barat 2014, lalu. Cabor renang belum mampu menyumbangkan medali, meskipun setiap PON atlet Kepri turun dan belum bisa berbicara banyak dan belum mampu bersaing perenang asal Jawa Timur, DKI Jakarta, Jambi dan Jawa Barat.

Perenang berbakat ini turun di nomor gaya dada 100 dan 200 meter. Ia juga turun di nomor ganti.

Baca Juga :  Besok, Komite Eksekutif Bahas Pengurus

Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Tanjungpinang Abdul Halim, menegaskan melihat perkembangan prestasi atlet renang tingkat nasional, tidak bertumpuk beberapa provinsi saja.

Tapi, prestasi atlet renang mulai menyebar di beberapa daerah. Seperti dari Sumatera Utara, Kepri dan Riau menjadi lawan berat bagi atlet dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan di PON mendatang.

Ini dibuktikan beberapa event nasional prestasi atlet renang mulai menyebar beberapa provinsi.

”Sky Lionardo, saat melakukan training centre atau TC mandiri di kolam renang Dendang Ria Tanjungpinang. Saya sebagai ketua PRSI terus memantau perkembangannya tiga kali seminggu,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim Tuan Rumah Menang Tipis

Sambung dia, ada tiga cabaor TC mandiri yang digelar di Kota Tanjungpinang. Mulai cabor renang, pencak silat, menembak dan atletik.

”Sky Lionardo lolos PON yang sudah ditentukan PB PRSI. Tinggal kita tingkatkan latihan, meskipun ditengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

PON XX Papua awalnya digelar September 2020 ini, karena pandemi Covid-19, maka ditunda September 2021. Ia menginggatkan para atlet agar tetap menjaga kebugaran agar tidak drop di tengah pandemi Covid-19. Ia juga berharap bagi KONI Kepri, atlet yang sudah dinyatakan lolos atau dapat tiket ke PON Papua, diberikan nutrisi atau vitamin, supaya kebugaran tetap terjaga.

Baca Juga :  PSTK Junior Menang Tipis, Dharez Meringis

”Selain latihan mandiri, atlet juga perlu nutrisi supaya ketahanan fisik tetap stabil,” ujarnya.

Ia juga memuji kepengurusan KONI Kepri sekarang di bawa ketua Usep, karena mulai terbuka diri bagi pengurus provinsi (pengprov) cabor dan Pengkot dan Pengkab masingmasing cabor di Kepri.

”Target Kepri masuh 15 besar nasional di PON mendatang, bila didukung pembinaan yang baik, melakukan TC mandiri, TC penuh sebelum ke PON, target itu optimis bisa tercapai,” ujarnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here