Reses di Bintan, Dewi Ansar Tampung Sejibun Aspirasi

0
163
ANGGOTA DPRD Kepri Dapil Bintan-Lingga mengadakan penjaringan aspirasi dengan warga Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (11/3).

KIJANG – Anggota DPRD Kepri dapil Bintan-Lingga Hj Dewi Kumalasari Ansar, sudah menampung sejibun (banyak sekali) aspirasi warga Bintan, selama beberapa hari menjalani masa reses. Dari sekian banyak aspirasi, bidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang lebih menonjol disampaikan warga kepada Dewi Ansar.

Rabu (11/3) kemarin, Dewi Kumalasari mengadakan pertemuan dengan kelompok tani Cahaya Biru, Kecamatan Bintan Timur, di Km 20 Kelurahan Gunung Lengkuas. Dalam pertemuan ini, warga menyampaikan tentang kendala para petani dalam menjalankan usahanya. Mulai dari pengolahan tanah untuk menciptakan area yang subur, sampai dengan budi daya ikan air tawar.

Baca Juga :  Investor Bangun PLTU di Bintan

”Untuk sektor pertanian, yang terpenting itu kan menyediakan lahan yang subur dan cukup air. Dalam hal ini, petani mengharapkan bantuan sarana prasarana pengolahan lahan,” kata Hj Dewi Kumalasari.

Sebelumnya, jelas Hj Dewi Kumalasari, Pemprov Kepri sudah membberikan satu unit hand tractor kepada kelompok tani lainnya. Tapi, sarana ini masih kurang, dan perlu tambahan. Selain itu, petani juga ingin mendirikan koperasi. Sehingga, bahan pokok yang dibeli petani, harganya murah dibandingkan di pasaran. Bahkan, koperasi bisa dijadikan wadah untuk simpan pinjam modal, dalam menjalankan usaha pertanian.

Tak hanya itu, Dewi juga menerima aspirasi untuk pengembangan budi daya ikan air tawar. Karena, permintaan ikan air tawar cukup tinggi, dengan harga jual yang cukup baik.

Baca Juga :  Apri Salurkan Bansos Kreatif dan Kube

”Nah, apalagi ikan gabus, permintaan sangat banyak. Harganya cukup mahal. Usaha budi daya ikan gabus ini sudah dijalankan para petani. Tinggal modal dan perlengkapan yang mesti ditambah,” ucap Dewi.

”Ya, aspirasi ekonomi kerakyatan ini mesti menjadi perhatian kita di Musrenbang nanti. Kan tujuannya untuk kesejahteraan rakyat,” sambung Dewi.

Selama reses, Dewi mengungkapkan, nelayan di daerah pulau wilayah Kabupaten, juga berharap ada bantuan usaha budi daya perikanan dan alat tangkap nelayan. Sedangkan di daerah pesisir pantai Trikora sampai ke arah Tanjunguban, warga meminta suport dalam pengembangan usaha di sektor pariwisata.

Baca Juga :  Suryani Mohon Doa dan Dukungan Masyarakat

”Belum lagi permintaan peningkatan infrastruktur. Ya, banyak sekali aspirasi yang saya tampung, untuk dibawa ke Musrenbang Provinsi Kepri nanti. Belum lagi masukan dari Pemkab Bintan, masyarakat serta Pemkab Lingga,” ucap Hj Dewi Kumalasari.

”Semua itu akan dibawa ke Pemprov Kepri,” tambah Wakil Ketua DPRD Kepri politisi asal Partai Golkar ini. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here