Retribusi Parkir Capai Rp878,8 Juta

0
603
Karcis parkir: Petugas parkir di pintu masuk pelabuhan Sribintan Pura saat memberikan karcis ke pengendara kendaraan yang masuk beberapa waktu lalu. F-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Penghasilan dari retribusi parkir yang ditangani oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang yang terealisasi sudah Rp 878.883.500 per 13 Oktober 2017. target yang diberikan ke Dishub untuk retribusi parkir Rp 1,3 miliar di tahun 2017. Meski nilai itu masih jauh dari target, namun dibandingkan tahun sebelumnya sudah jauh mengalami peningkatan.

”Untuk persentasi capaian baru67,6 persen dari target yang diberikan,” kata Kepala Dishub Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto kepada Tanjungpinang Pos di ruang kerja berada di Terminal Sungai Carang Tanjungpinang, Senin (16/10).

Uang retribusi parkir tersebut menurutnya, berasal dari 134 juru parkir yang tersebar di Tanjungpinang. Saat ini, ada delapan petugas Dishub yang ditugaskan sebagai juru pungut dari juru parkir.

Setiap harinya, delapan juru pungut berhasil mengumpulkan uang parkir kisaran Rp 4 jutaan. Uang parkir tersebut, langsung disetor oleh bendahara Dishub Kota Tanjungpinang ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aset Daerah (DPPKKAD) Kota Tanjungpinang.

”Uang parkir langsung kita masukkan ke kas daerah. Karena kita tidak berani menunda alias menahan uang parkir itu,” ucap dia.

Ia tidak yakin, kalau dua bulan setengah ini, akan membantunya untuk mencapai target retribusi parkir sebesar Rp 1,3 miliar di tahun 2017. Karena masih ada juru parkir yang kurang jujur dengan juru pungut untuk setor uang parkir.

Misalnya, juru pungut menilai juru parkir A bisa mendapat penghasilan sebesar Rp 30 ribu per hari. Karena di lokasi tersebut dianggap banyak kendaraan yang parkir. Tetapi, juru parkir tersebut hanya setor sebesar Rp 20 ribu per hari.

Kemudian, lanjut dia, masyarakat kurang sadar untuk meminta karcis, setelah uang parkir diberikan ke juru parkir. Kalau juru parkir tidak berikan karcis, jangan kasih uang parkir. ”Berarti kita parkir gratis,” sebut dia.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada juru parkir untuk jujur setor uang parkir ke juru pungut. ”Kepada pengendara kendaraan, tolong minta karcis parkir ke juru parkir sebelum membayar uang parkir. kalau kesadaran amsyarakat untuk meminta karcis parkir meningkat, tentu target retribusi parkir akan tercapai,” harap dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here