Revitalisasi SMK Dibantu 12 Kementerian

0
748
KUNJUNGI: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengunjungi salah satu industri di Bintan, belum lama ini. Industri merupakan salah satu tempat magang siswa SMK agar terampil dan siap pakai. f-istimewa/humas pemprov kepri

DALAM suratnya kepada para menteri, para gubernur, Presiden langsung memberi tugas-tugas mereka untuk dilaksanakan. Khusus untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Presiden Jokowi memberikan enam instruksi. Keenam instruksi tersebut adalah, membuat peta jalan SMK, menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (link and match).

Meningkatkan jumlah dan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK, meningkatkan kerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan dunia usaha/industri.

Meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK dan membentuk Kelompok Kerja Pengembangan SMK.

Kepada Kepala BNSP, Presiden menginstruksikan untuk mempercepat sertifikasi kompetensi bagi lulusan SMK, pendidik, dan tenaga pendidik SMK, serta mempercepat pemberian lisensi bagi SMK sebagaiĀ lembaga sertifikasi profesi pihak pertama.

Baca Juga :  Sabuk Nusantara Urgent Bagi Kepri

Kemudian 34 gubernur mendapat instruksi agar memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan SMK yang bermutu sesuai dengan potensi wilayahnya masing-masing, menyediakan pendidik, tenaga kependidikan, sarana, dan prasarana SMK yang memadai dan berkualitas.

Melakukan penataan kelembagaan SMK yang meliputi program kejuruan yang dibuka dan lokasi SMK serta mengembangkan SMK unggulan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Untuk Menteri Keuangan, agar menyusun norma, standar, prosedur dan kriteria pengelolaan keuangan teaching factory di SMKN yang efektif, efisien dan akuntabel. Melakukan deregulasi peraturan yang menghambat pengembangan SMK.

Baca Juga :  100 Seniman Berkemah di Batam

Untuk Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi agar mempercepat sertifikasi kompetensi bagi lulusan SMK. Mempercepat sertifikasi kompetensi bagi pendidik dan tanaga kependidkan SMK. Mempercepat pemberian lisensi bagi SMK sebagai lembaga sertifikasi profesi pihak pertama.

Tugas Menteri Ketenagakerjaan, menyusun proyeksi kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK yang meliputi tingkat kompetensi, jenis, jumlah, lokasi dan waktu.

Memberikan kemudahan bagi siwa SMK untuk melakukan praktik kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Melakukan revitalisasi BLK yang meliputi infrastruktur, sarana prasarana, program pelatihan dan sertifikasi dan mempercepat penyelesaian standar kompetensi kerja nasional Indonesia.

Baca Juga :  Antusiasme Sampai ke Negeri Jiran

Tugas Menteri Perhubungan, meningkatkan akses setifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang perhubungan, meningkatkan bimbingan bagi SMK yang kejuruannya terkait dengan perhubungan.

Memberikan kemudahan akses bagi siswa, pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan PKL atau magang termasuk berbagai sumber daya. Mempercepat penyelesaian standar kompetensi kerja nasional Indonesia. Kementerian lain juga mendapat tugas masing-masing sesuai instruksi Presiden. (mas/net)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here