Ribuan Barang Kedaluwarsa Dimusnahkan

0
216
KAPOLRES Anambas AKBP Junoto bersama Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra serta Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rocmad saat membakar barang kedaluwarsa. f-Indra Gunawan/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Anambas musnahkan ribuan makanan, minuman dan barang kedaluwarsa lainnya yang berhasil diamankan saat razia.

Sebelumnya, Polres menggelar razia dengan membentuk tim terpadu.

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Junoto SIK mengatakan, barang kedaluwarsa yang dimusnahkan merupakan hasil operasi yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari Rabu 19 hingga Kamis 20 Oktober 2018 di tiga gudang milik pengusaha yang ada di Kota Tarempa.

”Saya tegaskan, pestanya sudah usai. Setelah ini kita akan mulai menertibkan semua, barang kedaluwarsa yang ada di daerah ini,” kata Junoto, kepada awak media usai apel gelar pasukan Lilin Seligi 2018 Jumat (21/12).

Menurut Junoto, selain makanan dan minuman juga terdapat produk lain seperti sabun, larutan pemutih dan lainnya.

”Sekitar 76 produk yang berhasil dimusnahkan, paling banyak itu makanan ringan dan telah disaksikan bersama-sama produk kadaluarsa ini dimusnahkan,” jelasnya.

Dia melanjutkan, pemilik toko telah mengamankan barang kadaluarsa ini, agar tidak tercampur dengan barang yang masa expiretnya masih lama.

Bahkan ia menambahkan, pihaknya telah menyurati pengusaha ini untuk dapat memperhatikan barang-barang dagangannya sebelum dijual kepada konsumen.

Hal ini kata Junoto, penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya keracunan akibat mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang telah melewati tanggal batas edar itu.

”Kontrol dari penjual tetap harus ditertibkan. ?Ini baru sebagian kecil untuk menjamin keselamatan dan konsumen. ?Untung tidak terjadi apa-apa. Kalau sampai keracunan kasihan masyarakat. Untuk itu, kami tetap intens melakukan kegiatan. Ini sebuah prestasi yang patut dipertimbangkan. Ke depan kita lebih teratur lagi. Baik dari sisi aturan termasuk dari sisi hukum,” tegasnya.

Ke depan, sambung dia, penertiban yang dilaksanakan bukan hanya di Tarempa saja namun ke pulau-pulau, tapi itu tergantung pemerintah daerah.

Pentinya mengawasi barang-barang kedaluwarsa itu, agar masyarakat terhindar dari bahayanya dampak dari makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi termasuk obat-obatan dan sangat banyak beredar di pasaran.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan TNI dalam tim gabungan terpadu.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Wakil Bupati Wan Zuhendra, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad, Pabung Harioko, dan lainnya. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here