Ribuan Data Ganda Ditemukan

0
36
Ketua KPU Kepri Sriwati dan Ketua Bawaslu Kepri Muhammad Sjahri foto bersama usai penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 kemarin. F-istimewa

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri menemukan ribuan data ganda pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Ribuan data ganda ditemukan di dua kabupaten dan satu kota di wilayah Provinsi Kepri.

TANJUNGPINANG – Dua kabupaten yang ditemukan data ganda yakni Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun. Satu kota ditemukan data ganda pemilih, adalah Kota Batam. Setiap dua kabupaten dan satu kota berbeda ditemukan data ganda pemilih. Bawaslu menemukan data ganda di Kabupaten Bintan sebanyak 639 jiwa. Sedangkan di daerah Kabupaten Karimun hanya 18 jiwa. Kemudian, Bawaslu telah menemukan data ganda di daerah Kota Batam sebanyak 4.650 jiwa.

”Data ganda ini sangat krusial sekali,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Muhammad Sjahri Papene kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (31/8).

Maka dari itu, Sjahri Papene mengatakan, Bawaslu meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan penjelasan berdasarkan temuan data ganda tersebut. Apakah adanya data ganda terjadi di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau lainnya.

Karena data pemilih berpengaruh dengan kebutuhan logistik pada pemilu serentak tahun 2019 mendatang. Baik itu logistik kebutuhan surat suara maupun logistik lainnya.

Karena kebutuhan logistik untuk dua pemilihan sekaligus, yakni pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres).

”Intinya, kita minta KPU untuk segera menghapus data ganda menjelang pemilu tahun 2019,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here