Ribuan Obat Bebas Terbatas Dimusnahkan

0
566
DIMUSNAHKAN: Anggota Polsek Siantan dan tim gabungan saat memusnahkan obat di halaman Mapolsek Siantan. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Tim Gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan serta Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa memusnahkan ribuan obat bebas terbatas di halaman kantor Polsek Siantan, Jumat (6/10).

”Obat ini merupakan hasil operasi yang dilakukan akhir September lalu. Sesuai surat edaran BPOM, bahwa obat lingkaran biru tidak bisa dijual di warung biasa. Namun harus berizin seperti apotik, rumah sakit maupun sesuai resep dokter,” tegas AKP Yudha Surya Wardana, Kapolsek Siantan selaku koordinator pemusnahan barang bukti obat bebas terbatas, di Halaman Mapolsek Siantan, Jumat (6/10)

Yudha menerangkan, pihaknya sangat konsen mengawasi peredaran Komix (obat bebas terbatas/lingkaran biru) di Siantan. Pasalnya, para remaja kerap menyalahgunakan Komix tersebut.

”Atas laporan yang kita terima dari masyarakat, yang mulai meresahkan yakni para remaja mengkonsumsi Komix melebihi dosis. Ini tujuannya untuk nge-fly alias teler. Jadi kami fokus menertibkan penyalahgunaan Komix, kami juga butuh dukungan semua pihak,” ujar Yudha Surya Wardana.

Wakapolres Anambas Kompol Karyono mengatakan, sangat mengapresiasi penertiban yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut. Menurutnya, langkah tersebut akan menekan penyalahgunaan obat-obatan.

”Obat lingkaran biru ini dapat dijual pada apotek dan rumah sakit yang izinnya sudah jelas. Kalau di warung itu pasti sudah dilarang, karena sudah masuk golongan obat bebas terbatas. Kami juga akan fokuskan Polsek di Palmatak dan Jemaja, dan berkoordinasi dengan UPT Kesehatan untuk menindaklanjuti peredaran dan penyalahgunaan Komix dan obat bebas terbatas serta melaksanakan sosialisasi,” sebut Kompol Karyono. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here