Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Budaya PPMTA

0
820
Pawai budaya : Pawai Budaya yang digelar di puncak Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Jumat (24/11) menyita perhatian warga dan wisatawan. f-tengku/tanjungpinang pos

Rangkaian acara Pawai Budaya Tamadun Melayu berlangsung meriah. Saat pawai Perhelatan Pawai Budaya dalam Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA), berlangsung Jumat (24/11), warga dan turis tumpah-ruah.

LINGGA – Ribuan peserta dari 10 kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Lingga ambil bagian untuk mengikuti Pawai Budaya dalam Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA), Jumat (24/11). Acara ini juga mengundang perhatian warga yang memadati di lokasi-lokasi acara. Masing masing kecamatan diberi kesempatan menampilkan adat istiadat serta seni dimiliki di maing-masing kecamatan. Berbagai ciri khas desa juga ditonjolkan. Kesempatan ini menjadi ajang bagi setiap desa dan instansi untuk menunjukan keunikan daerah serta budaya dan seninya.

Baca Juga :  Bappenas Anggap Babin Belum Prioritas

Selain kegatan ini menjadi hiburan masyarakat, pawai budaya ini juga sebagai media pendidikan bagi masyarakat untuk lebih mengenal ciri khas di setiap desa yang ada di Kabupaten Lingga.

”Kegiatan ini selain sebagai salah satu cara menarik wisatawan, juga sebagai ajang edukasi bagi generasi muda, karena seluruh peserta didik dihadirkan di acara ini. Selain mereka menjadi peserta juga menjadi penonton untuk saling menyaksikan antara satu dengan yang laiannya,” kata Wakil Bupati Lingga M Nizar.

Menurut Nizar di acara ini juga berbagai macam permainan rakyat juga ditampilkan. Diharapkan Nizar, generasi muda dapat tergugah untuk bisa ikut andil melestarikan adat dan budaya asli dari Kabupaten Lingga serta mempromosikannya ke luar daerah.

Baca Juga :  Ratusan Kontestan Ikuti Festival Musik

Nizar mengapresiasi tingginya antusias masyarakat Lingga dalam mengikuti pawai budaya ini. Hal ini menunjukan masyarakat Lingga berperan dalam melestatikan kebudayaan melayu yang dimiliki daerah yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini.

”Pemkab Lingga komitmen akan berbuat untuk melestarikan adat dan bidaya yanh dimiliki Lingga. Namun, hal ini butuh dukungan masyarakat Lingga,” katanya.

Rais, seorang warga Daik Lingga mengaku senang dengan adanya kegiatan pawai budaya tersebut. Selain menjadi hiburan warga, juga banyak hal-hal yang bisa di pelajari dari setiap utusan yang datang.

Baca Juga :  Beredar Kalender Berlogo Palu Arit

”Penampilan para peserta ini tentu menjadi hiburan bagi warga Daik. Mudah-mudahan dapat terus digelar di Daik, dengan kegiatan seperti ini Daik sebagai ibukota kabupaten bisa menjadi ramai,” kata Rais

Pantauan koran ini, bukan hanya kecamatan dan instansi pemerintahan yang menjadi peserta, tapi juga ada komunitas warga Tionghoa yang telah lama menetap di Bumi Bunda Tanah Melayu itu juga ikut memeriahkan PPTMA. (TENGKU)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here