Ribuan Siswa Islam Gemakan Puasa

0
312
SISWA sekolah yang tergabung di JSIT se-Tanjungpinang menggelar pawai sambut Ramadan di Batu 9, Senin (14/5). f-martunas/tanjungpinang pos

Sembilan Sekolah JSIT Tanjungpinang Gelar Pawai

Untuk menggemakan Bulan Suci Ramadan, seribuan siswa dari seluruh sekolah Islam yang tergabung di Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kota Tanjungpinang menggelar pawai Ramadan di Batu 9, Senin (14/5) kemarin.

TANJUNGPINANG – PAWAI ini merupakan tahun kelima digelar sekolah-sekolah IT se-Tanjungpinang di tempat berbeda setiap tahunnya. Kali ini, mereka memilih lokasi start di Batu 9 dan finish di Batu 10 Terminal Seicarang.

Pawai tersebut dilepas Kepala Dinas Pendidikan Pemko Tanjungpinang Dadang AG didampingi Ketua JSIT Provinsi Kepri Drs Muqtafin, Ketua JSIT Kota Tanjungpinang Fadillah, anggota DPRD Kota Tanjungpinang M Arif dan Hj Ismiyati serta undangan lainnya.

Dadang mengatakan, apa yang dilakukan JSIT patut diapresiasi. Sejak usia dini, sudah ditanamkan karakter yang kuat dan nilai-nilai keagaamaan selain ilmu pengetahuan kepada siswanya.

Ia pun bangga dengan pihak yayasan dan para guru JSIT Tanjungpinang yang terus meluluskan anak-anak yang cerdas serta berakhlak mulia dan pengetahuan agamanya kuat.

Muqtafin menambahkan, pawai tersebut sebagai bentuk rasa gembira mereka dan siswa menyambut bulan puasa. Anak-anak ini menunjukkan rasa bahagianya menyambut Ramadan.

Ini juga sebagai persiapan anak-anak menyambut puasa. Karena puasa merupakan bagian dari ibadah yang harus dijalankan umat muslim, perlu persiapan agar tidak dianggap sesuatu yang berat untuk dijalani.

”Sahabat rasul mempersiapkan diri enam bulan sebelum puasa. Anak-anak kita ini menunjukkan kepada masyarakat, bahwa mereka gembira dan siap menyambut Bulan Suci Ramadan,” jelasnya.

Ia juga mengajak sekolah Islam lainnya bergabung menggelar pawai ini secara bersama-sama. Meski undangan sudah disampaikan, namun tidak mengutus perwakilannya. ”Kita harap ke depan, semua sekolah Islam di Tanjungpinang bergabung bersama kita. Mari kita lihat dimana tempatnya nanti. Mudah-mudahan ke depan, semua sekolah Islam ikut bersama-sama,” harapnya.

Fadillah menjelaskan, seribu orang lebih turun ke lapangan mengikuti pawai dari beberapa yayasan sekolah Islam yang ada di Tanjungpinang dan bergabung di JSIT.  ”Ada sembilan sekolah yang ikut. Seribuan lebih lah. Mulai dari RA-IT, PAUD-IT, TK-IT, SD-IT dan SMP-IT. Tahun ajaran baru nanti, akan ada yayasan yang bergabung dengan JSIT Tanjungpinang. Jadi tahun depan, jumlahnya bisa lebih ramai lagi,” ungkapnya.

Pesan yang disampaikan para siswa ini adalah, semangat yang menggelora menyambut bulan puasa. Melihat anak-anak ini pawai menyambut puasa, masyarakat pun turut gembira menyambut puasa nanti.

Saat itu, marching band dari salah satu sekolah berada di baris paling depan. Sepanjang jalan, mereka menampilkan marching band dengan pengawalan dari Satlantas Polres Kota Tanjungpinang. ”Kita juga kerja sama dengan Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan berguna bagi masyarakat dengan euforia gembira menyambut puasa ini,” ungkapnya.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here