Ribuan Warga Sukseskan WCD di Bintan

0
529
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam membuka aksi bersih-bersih sampah, dari kegiatan World Cleanup Day di Pantai Kawal, Gunung Kijang, Sabtu (15/9) lalu.F-ISTIMEWA

KAWAL – Ribuan warga, pelajar dan seluruh elemen di Kabupaten Bintan turut menyukseskan aksi bersih-bersih, pada peringatan World Cleanup Day (WDC) se-dunia, Sabtu (15/9) lalu. Aksi WCD 2018 di Kabupaten Bintan merupakan, kabupaten yang pertama melaksanakan di wilayah Provinsi Kepri.

Kegiatan WCD digagas oleh Let’s Do It World dari komunitas (NGO) lingkungan internasional di negara Estonia, pada tahun 2008 lalu. Hingga saat ini, tercatat ada 150 negara yang terdaftar dan bergabung dalam gerakan ini, termasuk Indonesia sejak 2014 lalu. Untuk 2018, aksi bersih ini perdana digelar di wilayah Kepri. Untuk kabupaten, Bintan merupakan yang pertama dilaksanakan di wilayah Kepri.

Baca Juga :  Mahasiswa Bantu Warga buat Menolak Status Hutan Lindung

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menyebutkan, secara nasional, gerakan ini dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi. Dengan target minimal dilaksanakan 13 juta warga di Indonesia, atau 5 persen dari jumlah penduduk.

”Untuk di Kabupaten Bintan, kita juga menargetkan 5 persen dari jumlah penduduk, ikut melaksanakan aksi bersih-bersih sampah ini. Ya, ribuan warga Bintan turut menyukseskan WCD 2018 ini,” kata H Dalmasri Syam, saat membuka secara resmi WCD tingkat Kabupaten Bintan, di Kampung Kawal Pantai, Kecamatan Gunung Kijang.

Pembukaan WCD 2018 di Kabupaten Bintan ini dihadiri Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Afrizal Bahar, Kepala BPBD Panca Azdigoena, Kepala BP3D Wan Rudi, Kasatpol M Insan Amin, pihak kepolisian dan TNI, pelajar, tokoh masyarakat dan komunitas lingkungan.

Baca Juga :  Abaikan Arsip, Pemicu Masalah di Pemerintahan

”WCD ini sangat mendukung kita. Karena, Pemkab Bintan juga memiliki program ini melalui Kebijakan Strategi Pengurangan Sampah Daerah (Jakstrada). Kegiatan ini difokuskan di wilayah pesisir pemukiman warga,” tambah Dalmasri Syam.

Kepala DLH Bintan Afrizal Bahar menerangkan, ada tiga titik lokasi yang dipusatkan dalam kegiatan WCD 2018 di Kabupaten Bintan ini. Yaitu di Kawal (Gunung Kijang), kawasan pariwisata Lagoi (Teluk Sebong) dan simpang empat Tanjunguban (Bintan Utara). Namun, di setiap kecamatan lainnya, juga melaksanakan kegiatan yang sama. Seperti di Toapaya dan Kecamatan Bintan Timur.

Baca Juga :  Investor Bangun PLTU di Bintan

”Lebih dari 7 ribuan warga Bintan yang terlibat dalam kegiatan WCD ini. Sampah yang terkumpul sekitar 2 ton,” sebutnya didampingi Kabid Penanganan Sampah dan Limbah B3 DLH Bintan Asri. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here