Rokok FTZ Beredar Bebas di Lingga

0
267
Kantor Bea Cukai Dabo telihat sepi, Senin (9/9) siang.

LINGGA- Rokok fasilitas FTZ yang seharusnya hanya beredar dalam kawasan yang ditentukan, kini beredar umum dan luas di Kabupaten Lingga.

Lembaga Bea Cukai yang seharunya melakukan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai di Kabupaten Lingga terkesan tutup mata.

Pantauan Tanjungpinang Pos di lapangan, banyak warung-warung di Kecamatan Singkep Barat memajang rokok tanpa cukai tersebut. Salah satu warung Dabo Singkep, L menuturkan, rokok kawasan FTZ mudah didapatkan. Serta banyak masyarakat yang minat karena harganya murah.

Dikatakannya, rokok tersebut membantu para perokok bisa tetap ngebul tanpa biaya yang besar.

“Harga rokonya murah. Mungkin ini menjadi salah satu dasar banyak peminatnya,” tuturnya.

Disinggung terkait pemasok rokok FTZ, ia enggan menyebutkan. Pastinya masuk ke warungnya karena ada yang mengantarkan.

Ia menuturkan, tiga hari sekali, ada seseorang yang datang mengantar rokok FTZ ke warungnya untuk dijual.

“Siapa pemilik rokok ini kami juga tidak tau. Pengantar rokok setiap tiga hari datang memasukan rokok sekaligus mengambil uang dari rokok yang telah terjual. Semacam menitip gitulah” terangnya.

Saat berkunjung ke kantor pembantu Bea Cukai Tanjungpinang di Dabo Singkep, tidak terlihat rutinitas pelayanan yang signifikan. Hanya ada beberapa staf yang menunggu di ruangan tersebut.

Seorang staf wanita yang menemui, mengaku, saat ini di kantor tersebut tidak ada seorangpun pegawai yang bisa memberikan konfirmasi terkait hal ini.

“Saat ini hanya saya sendiri yang berada di kantor. Pegawai lain sedang di luar. Ada yang di Tanjungpinang dan belum masuk ke kantor,” kata pegawai yang tidak ingin memberikan namanya tersebut.

Ia menerangkan, sebagai kantor pembantu pihaknya tidak diberikan wewenang untuk menjawab konfirmasi yang dimaksudkan. Pegawai dikantornya hanya menjalankan kebijakan dari kantor Tanjungpinang.

“Coba langsung konfirmasi ke Tanjungpinang,” sarannya.

Ketika disebutkan, saat ini rokok kawasan bebas diperjualbelikan bebas di Kabupaten Lingga dijual bebas, ia mengaku tidak mengetahuinya.

“Kami tidak tahu, kami disini hanya menjalankan kebijakan dari kantor cabang di Tanjungpinang. Untuk pimpinan sendiri tidak ada di kantor ini,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here