Roro Berlayar Hingga Malam

0
901
Astuni Kepala Lintasan ASDP Tanjunguban melihat kondisi penumpang kapal Roro ASDP Tanjunguban yang masih sepi, Senin (11/6). f-jendaras/tanjungpinang pos

Untuk melayani arus mudik dan arus barang antardaerah di Kepri, maka roro akan berlayar hingga malam tergantung kondisi penumpang dan kendaraan.

TANJUNGUBAN – KEPALA Dinas Perhubungan Pemprov Kepri, Brigjend Jamhur Ismail mengatakan, hasil rapat yang mereka lakukan sebelumnya, bahwa pihak ASDP akan mengoperasikan roro hingga malam sesuai kebutuhan.

”Saat itu kita sepakati paling lama sampai pukul 10 malam (22.00). Tidak sampai pagi. Tapi tergantung penumpang. Kalau misalnya pukul delapan malam sudah terangkut semua, itulah trip terakhir,” ujar Jamhur via ponselnya, Senin (11/6).

Biasanya, kata Jamhur, arus mudik melalui roro sudah padat saat H-4 lebaran seperti kemarin. Namun, ia melihat arus mudik lewat Tanjunguban masih biasa-biasa saja.

”Mungkin H-2 atau H-1 nanti membeludak. Biasanya, sampai satu kilometer lebih antre. Sekarang tidak sampai ke jalan raya. Tapi sudah ada antisipasi dari pihak roro,” ungkapnya.

Penambahan jam keberangkatan itu berlaku untuk berbagai rute yang dilayani roro di Batam, Tanjunguban maupun Tanjungpinang. Saat ini, roro melayani penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan ASDP Telagapungur Batam-Tanjunguban dan sebaliknya. Batam-Karimun dan sebaliknya.

Batam-Lingga dan sebaliknya serta Tanjungpinang-Lingga dan sebaliknya. Kemudian, beberapa pekan lalu, ada juga perusahaan swasta yang menambah armada roro untuk melayani penumpang Batam-Mengkapan dan sebaliknya.

Sebelumnya, hanya satu unit kapal yang melayari Batam-Mengkapan. Dengan penambahan satu unit kapal itu, maka kapal sama-sama berangkat dari tempat sandar ke tujuan dan waktu tunggu pun lebih singkat.

Jika selama ini kapal berangkat dari Batam menuju Mengkapan, maka penumpang yang di Batam harus menunggu kapal yang sama kembali dari Mengkapan ke Batam agar bisa berangkat.

Sekarang, ketika kapal dari Batam berangkat ke Mengkapan, maka tidak perlu lagi menunggu kapal itu kembali. Karena sudah ada kapal dari Mengkapan yang menuju Batam.

Pihak ASDP yang merupakan operator penyeberangan kapal Roro Telaga Punggur Tanjunguban atau sebaliknya akan melakukan penambahan perjalanan (esktra trip) jika terjadi lonjakan arus mudik atau balik pada Hari Raya Idul Fitri 2018 ini.

Penambahan trip tersebut akan diberlakukan sesuai dengan kondisi jumlah penumpang dan juga kendaraan. Astuni, Kepala Lintasan Kapal Roro ASDP Tanjunguban mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan jadwal pelayaran sebanyak 11 trip pulang pergi atau masih dalam kondisi normal.

”Hingga saat ini masih normal. Masih seperti biasa semua kendaraan bisa melintas,” katanya, Senin (11/6).

Ia menambahkan, diperkirakan prediksi kenaikan arus mudik terjadi pada H-1 jelang lebaran. Nantinya sebanyak 4 kapal akan melakukan pelayaran setiap 1 jam sekali mulai pukul 07.00 WIB.

”Kami prediksi kenaikan jumlah kendaraan sebesar 12 persen dan penumpang sebanyak 10 persen, sehingga dimungkinkan semua akan terangkut dengan kapal dan jadwal yang ada,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk menghindari penumpukan kendaraan dan tidak terangkutnya kendaraan tersebut, ia mengimbau agar pemudik melakukan perjalanan pagi atau siang hari. Karena jika sore maka akan menumpuk dan dikhawatirkan tidak terangkut.

”Kalau jumlah kendaraan masih memadai, maka truk-truk pengangkut sembako masih kami perbolehkan melintas, tetapi truk lain tidak boleh,” katanya.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here