Roro Layari Tanjungpinang-Johor

0
185
WAGUB Kepri H Isdianto foto bersama usai diskusi dengan pejabat Kemenhub di Jakarta, Kamis (10/1). f-istimewa/humas pemprov kepri

Isdianto Minta Kemenhub Buka Rute Ini

Untuk memperlancar akses Kepri dengan negara tetangga Malaysia, maka transportasi laut harus diperkuat dan diperbanyak. Salah satu yang diminta membuka rute internasional adalah kapal Roro.

JAKARTA – Wakil Gubernur Provinsi Kepri H. Isdianto menyampaikan wacana ini di Kantor Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Kamis (10/1).

Saat melakukan kunjungan kerja ke sana, Isdianto membahas perihal transportasi darat dan laut di wilayah Provinsi Kepri. Terutama terkait rencana pengadaan kapal roll on roll off (Roro) untuk menghubungkan Tanjungpinang ke Johor Baru dan sebaliknya.

Hal ini penting mengingat Kepri adalah wilayah kepulauan yang jarak tempuh dari pulau satu ke pulau lainnya sangat berjauhan, serta membutuhkan banyak transportasi laut berupa kapal penumpang maupun kapal barang.

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur dan rombongan disambut oleh Dirjend perhubungan Laut Drs. Budi Setiyadi. Yang mana Isdianto menjelaskan bahwa wilayah Kepri sangat luas dan terdapat banyak pulau di dominasi oleh luasnya lautan seperti Pulau Natuna, Anambas, Lingga, Bintan, Karimun dan Batam.

Setiap daerah di Kepri punya potensi alam yang luar biasa seperti bidang perikanan, pariwisata hingga pertanian. Tetapi para petani di pulau-pulau memiliki masalah saat akan mengangkut hasil tangkapan dan perkebunan tersebut dikarenakan minimnya transportasi laut.

”Konektivitas merupakan hal utama yang kita perhatikan di Kepri, terutama masalah transportasi. Baik jalan, pelabuhan, bandara dan sebagainya. Konektivitas adalah untuk meningkatkan arus barang, orang dan uang dari satu tempat ke tempat lain. Dan ini harus kita gesa terus,” kata Isdianto.

Dirjen perhubungan Darat, Drs.Budi Setiyadi SH,Msi tampak menyambut positif kunjungan Wagub Mepri dan rombongan ini terkait upaya meningkatkan jalur transportasi di Kepri. Bahkan sampai akan menghubungkan Tanjungpinang-Johor Baru dengan roro.

Budi juga berjanji akan segera mengevaluasi apa yang menjadi recana Pemprov Kepri ini.

”Mudah-mudahan pada anggaran 2020 nanti kita bisa membantu menambah armada laut di Kepri,” ucapnya.

Budi juga mengatakan, jika tidak ada halangan dalam waktu dekat akan membalas kunjungan Wagub Kepri dan akan berkunjung ke Kepri guna melihat lebih dekat dan jelas tentang kebutuhan transportasi laut di Kepri.

Pada kesempatan ini, Isdianto bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau S.Ajie Panatagama,A.TD,MT, Kepala Seksi Pengelolaan Perairan di luar Pelabuhan Dishub Kepri Dwi Cahyo k. S.Sos, MSi, serta turut Ketua Organda Kepri Syaiful, SE.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here