Rp 1 Miliar untuk Infrastruktur Fiber Optik

0
238
Jefrizal

Sejak awal Tahun 2018 Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) telah menyiapkan anggaran Rp 1 miliar, untuk pembangunan infrastruktur jaringan Fiber Optik (FO).

ANAMBAS – Anggaran yang digelontorkan, guna mendukung fasilitas internet pusat perkantoran Bupati Anambas di Pasir Peti, Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan.

Kepala Diskominfotik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas Jefrizal mengatakan, untuk pemasangan infrastruktur jaringan disiapkan anggaran Rp 1 miliar lebih dan saat ini telah selesai lelang dan sudah masuk tahapan Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ).

”Dengan selesainya pelaksanaan pengerjaan ini nantinya dapat terpenuhi kebutuhan dan ketersediaan jaringan akses data baik lokal maupun internet dan telepon Voip,” kata Jefrizal, Senin (12/3). Anggaran tersebut, tambah dia, hanya untuk penyiapan pemasangan infrastruktur sedangkan bandwidth masih belum dan masih menunggu beroperasinya Palapa Ring Barat.

Namun, untuk memenuhi kebutuhan sementara sebelum Palapa Ring beroperasi kuota internet yang ada akan dibagi ke kantor bupati yang baru.

”Untuk sementara akan dialokasikan dulu kuota yang ada sebagian kantor bupati yang baru,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Jefrizal, kapasitas kuota yang ada sebesar 10 Mega Mbps dengab 8 mega donwload dan 2 mega upload. Apabila kuota yang ada, nantinya akan dibagi dan hal itu sangat berpengaruh.

”Untuk memenuhi kebutuhan standarnya sekitar 30 Mega, maka akses data internet akan cepat,” ungkapnya.

Hal ini karena untuk kebutuhan Aplikasi Kabupaten, untuk mempercepat pelaksanaan E-Goverment adalah pengembangan aplikasi yang dibutuhkan daerah.

”Salah satunya adalah Asis yang terintegrasi apabila on line maka akan sangat besar,” paparnya.

Jefrizal sangat berharap, pihaknya ke depan mampu memenuhi kebutuan pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan akses internet.

”Walaupun daerah kita merupakan daerah terdepan dan terluar, namun untuk akses internet kita tidak kalah dengan daerah lainnya,” tuturnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here