Rp 4,8 Miliar untuk Pabrik Kelapa

0
866
Muzamil Ismai

LINGGA – Tahun ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian akan membangun pabrik pengolahan kelapa di Kecamatan Singkep Selatan. Anggaran sebesar Rp 4,8 miliar telah disiapkan untuk membangun pabrik pengolahan kelapa.

Diantaranya pengolahan buah kelapa dan isi diproduksi menjadi minyak kelapa atau CPO, sabut kelapa sebagai bahan baku media tanam, bahan kerajinan rumah tangga, bahan tali, bahan pembuat matras dan lainya.

Sedangkan tempurung kelapa dapat dijadikan briket sebagai pengganti kayu bakar karena sifatnya yang ramah lingkungan.

Baca Juga :  Dabo Singkep Akan Raih Adipura

”Saat ini prosesnya sedang dalam lelang perencanaan. Kemungkinan dua pekan. Setelah ini akan dilakukan lelang pekerjaan proyek fisiknya,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Lingga, Muzamil Ismail, Senin (6/3).

Dikatakannya, pengoperasian pabrik industri kelapa ini direncakan berjalan pada tahun 2018 mendatang. Karena tahun ini alokasi anggaran hanya dilakukan untuk pembangunan bangunan fisik pabrik. Untuk mesin-mesin pendukung akan dilakukan tahun 2018.

“Melalui anggaran Pemkab Lingga dan Provinsi Kepri nanti akan ada program pelatihan bagi maayarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat setempat tidak hanya menjadi penonton,” jelasnya.

Baca Juga :  Pekajang Terisolir

Pengelolaan nantinya diajukan oleh masyarakat setempat melaui koperasi atau UKM yang dibentuk. Dengan dikelola koperasi diharapkan dapat melibatkan seluruh masyarakat setempat.(tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here