Rp 500 Miliar untuk Alirkan Air ke Batam

0
390
DISKUSI: Bupati Lingga, H Alias Wello dalam FDG Pemanfaatan Sumber Air di Lingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Batam. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – PERENCANAAN untuk mensuplai air baku dari Lingga ke Batam menggunakan pipa bawah laut membutuhkan anggaran Rp 500 miliar.

Anggaran tersebut berdasarkan kajian singkat oleh tim ahli pipa bawah laut pada acara Focus Grup Discussion (FGD) di Hotel Harmoni, Batam, Sabtu (13/5).

Sejumlah pakar didatangkan pada acara tersebut, dalam mendukung perencanaan Pemkab Lingga untuk mensu plai air baku ke Batam.
Bupati Lingga H Alias Wello mengatakan, hasik riset singkat yang dilakukan akan menelan biaya sebesar Rp 500 miliar.

”Anggaran itu berdasarkan dari hitungan jarak antara sumber mata air di Lingga, dengan Pulau Batam hanya sekitar 120 kilometer. Untuk besaran pipa yang akan digunakan sekitar 28 inci,” ungkap Alias Wello, Sabtu (13/5).

Sedangkan, untuk pembangunan waduk penampungan air baku di taksir menelan anggaran antara Rp 400 hingga Rp 500 miliar. Menurutnya, perencanaan tersebut sudah menjadi kenyataan. Pada gelaran FGD tersebut, Pemkab Lingga bersama pakar dan ahli pipa mengkaji dengan singkat soal perencanaan pemanfaatan sumber air tersebut.

Selain akan disuplai ke Batam, manfaat dari air terjun yang ada di Lingga dapat menjadi sumber energi listrik dan air minum kemasan.
Ia pun menambahkan, bukan hal yang mustahil bagi Lingga untuk mengolah sumber air ke depannya.

Permasalahannya, tinggal bagaimana menjadikan air tersebut mengalir dari hulunya menuju kepada hilir yang dapat menguntungkan daerah.

Tanpa bermaksud menggampangkan untuk merealisasi perencanaan itu, Alias Wello yakin dengan sejumlah pembahasan pada FGD tersebut.

”Dengan hasil kajian singkat ini, menunjukkan bahwa potensi air di Lingga berpeluang untuk di olah dengan pembangunan pipanisasi ke Batam. Ini bukan hanya khayalan yang tidak bisa direalisasikan,” terangnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here