Rp 7 Miliar untuk Perbaikan Jaringan PDAM

0
418
Pekerja memasang pipa SWRO Batu Hitam.f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri menerima dana Rp 7 miliar dari Pemprov Kepri. Dana tersebut untuk pemasangan jaringan pipa primer dan skunder ke rumah warga.

Hal ini diungkapkan Plt Direktur Utama (Dirut) Syamsul Bahrum, kemarin. ”Sekarang dalam proses pembangunan jaringan pipa primer dan skunder di beberapa titik di Tanjungpinang,” kata Samsul Bahrum, kemarin.

Syamsul Bahrum juga menjabat sebagai Asistem Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri menegaskan, penambahan pipa skunder dan prima untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena, masih banyak warga Tanjungpinang belum menikmati air bersih dari PDAM, karena keterbatasan jaringan pipa primer dan skunder ke rumah warga.

Baca Juga :  Warga Minta PJU di Perumahan Ditambah

”Direncanakan tahun ini selesai pemasangan pipa primer dan skunder, maka jumlah pelanggan nanti akan bertambah,” ujarnya.

Sambung dia, awalnya dia mencoba mengkaji untuk menaikkan tarif air PDAM untuk peningkatan pemasangan pipa primer dan skunder. Tapi, dengan kondisi pelayanan belum maksimal, maka kenaikkan tarif PDAM belum bisa direalisasikan saat ini. Samsul mengaku terbantu dengan adanya bantuan dari APBD untuk pemasangan pipa ke rumah warga. ”PDAM Tirta Kepri tidak rugi. Kita untung. Saya lupa berapa untungnya. Kita juga lagi membangun Waduk Kawal,” tegasnya.

Baca Juga :  Hujan Waduk Sungai Pulai Tetap Kering

Sambung dia, bila Waduk Kawal sudah selesai, maka akan distribusikan bagi pelanggan yang selama ini menerima air bersih dari dari Waduk Sungai Pulai. ”Sumber air dari Waduk Sungai Pulai hanya mengandalkan turun hujan saja. Mudahan ada peningkatan debet air di Waduk Sungai Pulai karena beberapa hari ini hujan,” tegasnya.

Kata Samsul karena ketersedian air baku sudah lumayan, PDAM Tirta Kepri kembali membuka sambungan baru untuk pelanggan baru. ”Sambung baru tetap kita buka untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” tegasnya. (bas)  

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here