Rp4,2 Miliar untuk Pengamanan Pilwako

0
625
PENGAMANAN PILKADA: Polres Tanjungpinang menggelar simulasi pengamanan pilwako Tanjungpinang di lapangan Pamedan, Tanjungpinang belum lama ini. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

Polres Tanjungpinang mendapatkan kucuran dana sebesar Rp4,2 miliar untuk mengamankan Pilkada Kota Tanjungpinang 2018.

TANJUNGPINANG – Dana itu diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tanjungpinang 2017. Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardianto Tedjo Baskoro mengatakan untuk anggaran pilkada sudah disetujui melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Tanjungpinang sebesar Rp 4,2 miliar.

Ia juga sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Wali Kota H Lis Darmansyah di kantor Wali Kota Tanjungpinang, baru-baru ini. ”Personel kita sudah siap mengamankan rangkaian tahapan pilkada Tanjungpinang,” kata AKBP Ardianto Tedjo, Jumat (6/9).

Baca Juga :  Ketua LAM: Bawaslu Jangan Merapek

Kata dia, tahapan-tahapan pilkada cukup banyak. Ia sudah berkoordinasi dengan KPU Tanjungpinang, sebagai penyenggarah pilwako. Polres Tanjungpinang akan memberikan pengamanan khusus setiap tahapan pilkada agar berjalan dan tertib. Ia juga sudah memiliki tim untuk memantau berita-berita hoax tentang pilkada di media sosial.

Kapolres mengklaim kalau pengamanan pilkada sudah dilakukan jajarannya jauh-jauh hari. Ia telah menggenjot kesiapan personel dan alat-alat pengamanannya. Menurutnya, anggaran sebesar Rp 4,2 miliar itu murni digunakan untuk keperluan pengamanan Pilwako semata. Mulai dari pengamanan tahapan tes kesehatan bakal calon hingga perhitungan suara di TPS 27 Juli 2018.

Baca Juga :  KPU Kota Diduga Melanggar Administrasi Pemilu

Ia juga akan mengawal sampai adanya pelantikan Wali Kota Tanjungpinang yang baru nanti. ”Anggaran tersebut untuk operasional pengerahan anggota kita di lapangan,” katanya.

Kapolres menyebutkan, pada saat ini tahap pilwako masih tahap persiapaan seperti pemilihan anggota Panwascam. Sosialisasi KPU tentang persyaratan calon perorangan atau independen. ”Sejauh ini untuk penerimaan Panwascam sudah melakukan tes tertulis dan ada beberapa tes yang harus dijalani lagi. Kita sudah berkoordinasi dengan Panwaslu Tanjungpinang,” sebutnya.

Ardiyanto menyebutkan pihak kepolisian juga sudah melakukan penjagaan pada kantor Panwaslu dan KPU serta memotor setiap kegiatan. ”Kita sudah menempatkan beberapa personel untuk mengawasi dan memonitor setiap kegiatan,” jelasnya.

Baca Juga :  317 Kotak Suara Tiba di Kantor KPU

Ia juga minta kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Pesta demokrasi ini harus disambut dengan gembira.(RAYMON SANDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here