Rp61 M Tak Cukup Atasi Banjir Batam

0
765
Terobos banjir: pengenda kendaraan menerobos genangan air di Simpang Jam, Baloi, beberapa waktu lalu.F-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Dana sekitar Rp61 miliar dialokasikan dari APBD untuk membantu pengendalian dan penanggulangan banjir di Batam. Namun, diupaya yang dilakukan masih dinilai tidak maksimal. Hasil yang tidak maksimal karena Batam masih kerap banjir. Dewan juga mempertanyakan progres penanganan termaksud kendala Pemko.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Minggu (4/6) di Batam mengatakan, dana Rp61 miliar itu untuk penanganan banjir. Dana itu dialokasikan melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam. Harapannya, bisa menyelesaikan persoalan banjir di Batam.

Baca Juga :  DPRD Minta Air Bersih Tak Hanya Dikelola BP

”Kita setujui program pengendalian banjir dan perbaikan jaringan pengairan serta pembelian alat berat sekitar Rp61 miliar, namun output yang dihasilkan belum maksimal,” katanya.

Seharusnya banjir sudah teratasi, atau setidaknya sudah diminimalisir. Namun dewan menilai belum terlihat dampak positif pengalokasian dana, walau sudah ada alat berat yang dibeli untuk membantu penanganan banjir.

”Tapi sampai sekarang masih banjir. Harusnya sudah bisa meminimalisir banjir dengan anggaran yang disetujui,” cetusnya.

Diingatkan, juga jika BP Batam punya peran penting dalam persoalan banjir di Batam. Dimana, BP Batam memiliki hak dalam pengalokasian lahan. Termaksud dengan perubahan fungsi lahan dari sebelumnya. Sehingga BP Batam harusnya meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan Pemko Batam.

Baca Juga :  Waspada Potensi Inflasi saat Puasa dan Idul Fitri

”Ada peran BP Batam terhadap lahan yang sudah berubah fungsi. BP dan Pemko tidak bisa lepas dari tanggungjawab. Ini butuh perencanaan dalam penanganan banjir, tapi juga butuh komitmen dalam menjaga,” tegas Nuryanto.

Dalam waktu dekat ini, Komisi III akan memanggil Dinas Bina Marga untuk mengetahui progres kerja menangani banjir.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here