RPJMD Diubah, Infrastruktur Diutamakan

0
694
TINJAU: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun didampingi Kepala Bappelitbang Pemprov Kepri Naharuddin meninjau rencana pembangunan dermaga Pelantar I Tanjungpinang, belum lama ini. f-martunas/tanjungpinang pos

DOMPAK – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H Nurdin Basirun meminta masyarakat dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri, sama-sama mendukung pembangunan Kepri ke depan.

Apalagi, Pemprov Kepri saat ini tengah mengubah arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Kepri tahun 2017 sampai 2021 mendatang. Sehingga perlu dukungan semua pihak.

Nurdin bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri bukan tanpa alasan merubah arah RPJMS tersebut. ”Ke depan sudah zamannya era digital, insfrastruktur adalah salah satu sarana penting sebagai penunjang,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos di kantor Gubernur Kepri, kemarin.

Baca Juga :  Perpustakaan Desa Bikin Warganya Makin Kreatif

Ketertinggalan pertumbuhan ekonomi Kepri saat ini, menurut dia bagian dari tantangan besar ke depan. Bukan tidak mungkin, ekonomi Kepri lima tahun ke depan makin terpuruk jika masyarakat Kepri tidak sama-sama mendukung majunya perputaran dan pembangunan Kepri yang saat ini tengah dia rancang.

”Target kita pertumbuhan ekonomi pasti akan tumbuh 4 sampai 5 persen,” tegasnya meyakinkan.

Saat ini, Nurdin menginstruksikan seluruh OPD teknis, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan serta OPD yang mampu menyokong pembangunan saling bahu membahu.

Baca Juga :  Kesadaran Wajib Pajak Meningkat, Target PAD Tercapai

”Intinya lebih banyak out come-nya dari pada seremonialnya,” tegasnya.

Sebagian besar APBD Kepri ke depan, tidak lagi fokus terhadap sesuatu yang seremonial, bahkan dihabiskan untuk perjalanan dinas ke luar kota dan luar negeri.

Ia sudah mengubah RPJMD 2016-2021 saat ini dan pembangunan infrastruktur adalah hal yang paling utama. ”Fokus pada pembangunan infrastruktur,” tambahnya.

Nurdin juga menyinggung sudah disahkannya PP tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan. Ada harapan baru bagi Kepri karena RUU Provinsi Kepulauan sedang diperjuangkan anggota DPD RI perwakilan Kepri di pusat saat ini.

Baca Juga :  Meriah, Pembukaan Porprov Kepri ke- IV

”Ini sangat menjanjikan buat kita, kalau tidak dilengkapi sarana infrastruktur yang mendukung, maka akan sulit investor mau berinvestasi ke tempat kita,” tambahnya demikian. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here