RSBP Kerjasama Tangani Jantung dan Otak

0
256
RSBP sebagai rumah sakit tertua di Batam selalu padat pasien. f-istimewa

BATAM – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengajak rumah sakit Gatot Subroto, RS Pusat Otak Nasional dan Harapan Kita, untuk bekerjasama. Kerjasama itu untuk membantu dalam penanganan jantung dan otak. Kerjasama dimaksud, juga untuk transfer ilmu dalam penanganan dua penyakit itu. Alasannya, karena dua penyakit terkait jantung dan otak itu menjadi penyebab kematian terbesar.

Direktur RSBP, dr Sigit Riyarto, Senin (12/3) mengungkapkan, mereka memilih bekerjasama dengan tiga rumah sakit itu, termaksud unggul dibidang tiga penyakit itu. RSBP mengaku ingin menjadi rumah sakit unggulan untuk jantung dan otak.

”Dua rumah sakit ini akan menjadi mitra kita karena kita ingin menjadi unggulan di jantung dan otak,” bebernya.

Kerjasama antara RSBP dengan tiga rumah sakit itu diakui, untuk pengembangan sumber daya manusia. Sehingga ada transfer ilmu antara dokter dan tenaga kesehatan lainnya ke tenaga kesehatan di RSBP.

”Jadi ada peluang kerjasama pelatihan dan transfer ilmu. RS Harapan Kita, RS Gatot Subroto dan RS Pusat Otak Nasional. Jadi agar mereka kirim pegawai ke kita untuk transfer ilmu,” kata Sigit.

Dulu TBC penyakit penyebab terbesar kematian. Namun kini sudah diatasi. ”Kini bergeser karena gaya hidup. Penyebabnya mikol, rokok, makan seafood, daging kambing dan lainnya. Itu penyebab penyakit jantung dan otak,” sambungnya.

Melalui kerjasama itu, RSBP akan menjadi rujukan kedepan untuk dua penyakit itu. RSBP juga akan menambah peralatan tahun 2019, dalam penananganan penyakit itu. Sementara untuk gedung, sudah dilakukan pengembangan. ”Tahun depan, akan ada alat mendiagnosa otak. Harganya Rp30 miliar. Kalau dokter, kita ada 40 orang dengan 17 jenis spesialis,” imbuh dia.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here