RSBP Mesti Bisa Biayai Diri Sendiri

0
1318
MEGAH: Inilah gambar desain rencana pembangunan dan pengembangan RS Badan Pengusahaan (RSBP) Batam yang nampak megah. f-istimewa/humas bp batam

BATAM – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Hatanto berharap, dengan bangunan yang ditingkatkan, harus ada peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP). Selain itu, diharapkan RSBP bisa memberikan sumbangan pendapatan untuk BP sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Dimana, selama beberapa tahun ini diakui RSBP masih merugi dan disubsidi.

Hal itu disampaikan Hatanto, Kamis (7/9) usai melakukan peletakan konstruksi akhir gedung rawat inap RSBP Batam. Diingatkan Hatanto, RSBP Batam selain sebagai aset yang harus didayagunakan, juga harus menjadi bagian dari pendapatan BP sebagai BLU. ”Terus terang, sampai sekarang, dari segi keuangan, beberapa tahun ini tidak menggembirakan. Dalam arti masih merugi,” ungkap Hatanto.

Baca Juga :  Pungli, Tim Saber Tangkap Pegawai ASDP

BP Batam diakui sedang melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan sekaligus pendapatan. Sehingga dari posisi merugi diharap bisa beruntung. ”Setidaknya bisa membiayai sendiri, karena terus terang, selama ini RSBP masih dibiayai BP dan sumber lain,” bebernya.

Diingatkan terkait peningkatan di RSBP Batam itu, tidak hanya sekedar membangun fisik. Namun juga pada kinerja. Sehingga pada saatnya bisa bersaing pada level yang lebih tinggi. Dimana, untuk mendorong itu, pemerintah (pusat) membantu dengan menambah investasi. ”Tambahan investasi itu menjadi tanggungjawab saya. Makanya saya harapkan, ke depan rumah sakit masuk percaturan rumah sakit terbaik,” harapnya.

Baca Juga :  Ekstasi Dibuat dari Obat Panadol

Saat ini yang mereka siapkan, bagaimana cara untuk mendatangkan dokter berkualitas tinggi. Dalam hal ini, BP mengundang dokter-dokter senior ke Batam, bulan depan. Dengan masukan itu, akan dilahirkan kebijakan baru dalam mendorong peningkatan pelayanan di BP Batam. ”Contohnya, 13 apa 15 Oktober 2017 nanti, akan datang 40 dokter lulusan tahun 77-an. Dokter-dokter senior. Itu sudah banyak dokter spesialis. Kita tawarkan, selain darmawasiata juga untuk membuat seminar besar. Kita akan undang semua dokter di Batam, mendengar temuan baru terkait keahlian mereka,” bebernya.

Baca Juga :  Jangan Tunggu Korban Berikutnya

Selain itu, Hatanto juga diakui sudah banyak bicara dengan pihak yang ahli dalam pengelolaan rumah sakit. Hal itu diharap dapat mendorong peningkatan pelayan di rumah sakit. Harapan Hatanto, RSBP ke depan memiliki keistimewaan atau kekhususan dalam pelayanan kesehatan. ”Saya bicara dengan ahli, keahlian apa yang diperlukan. Sehingga apa yang perlu dibangun, bisa menunjukan kekhususannya. Ibarat sekolah, kita punya semua jurusan, tapi ada jurusan keahlian khsusus sebagai keungulan,” imbuhnya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here