RSUD Harus Cepat Perbaiki Pelayanan

0
641
Operasi: Para dokter RSUD Natuna saat melakukan operasi bibir sumbing di natuna beberapa waktu lalu. F- Hardiansyah/tanjungpinangpos

Natuna – Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi menegaskan, perangkat layanan kesehatan daerah harus cepat diperkuat. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penduduk yang diyakini akan tumbuh pesat di tahun-tahun berikutnya.

Siswandi mewanti-wanti agar setiap perangkat daerah terutama untuk dinas yang berhubungan langsung dalam melayani masyarakat agar sesegera mungkin memperkuat diri.

”Di antaranya, rumah sakit yang harus memulai upaya memperkuat diri dari sekarang. Jangan sampai Natuna sudah ramai baru kita sibuk berusaha memperkuat diri. Jadikan langkah ini sebagai satu program kegiatan. Bagitu juga layanan umum lainnya, harus diperkuat,” tegas Siswandi di kantor Bupati Natuna, kemarin.

Penguatan itu harus dilakukan secara menyeluruh mulai sistem administratif hingga layanannya. Menurutnya, Dirut RSUD harus bekerja cepat.

”Tipe rumah sakit juga harus berupaya ditingkatkan. Kita harus bisa mengimbangi dinamika pembangunan di Natuna. Ini harus segera dikoordinasikan ke pusat,” tegas Siswandi.

Menurutnya, kalau RSUD Natuna masih dalam keadaan seperti sekarang ini, tentu tidak akan bisa mengimbangi laju pertumbuhan penduduk dalam rentang waktu dua atau tiga tahun ke depan.

”Demografis kita akan sangat pesat dua hingga tiga tahun ke depan. Jumlah aparat TNI – Polri sebentar lagi berlipat ganda di Natuna. Begitu juga masyarakat, pemerintah pusat akan mendrop nelayan secara besar-besaran ke Natuna. Hal yang sama juga dengan penduduk kita di daerah. Hal ini perlu langkah persiapan jauh-jauh hari sebelumnya untuk mengantisipasi,” paparnya.

Saat ini RSUD Natuna hanya berstatus tipe C. Ia meminta agar tipe itu bisa ditingkatkan menjadi tipe B, bahkan tipe A.

”Perkembangan dan ragam penyakitpun tentu semakin bertambah. Paling tidak rumah sakit kita ini bisa cepat berstatus tipe B, bahkan sesegera mungkin juga bisa jadi tipe A agar tak ada lagi cerita layanan tak baik dengan alasan-alasan yang remeh temeh,” tegasnya.(Herdiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here