RSUD Kepri Akreditasi Paripurna

0
1361
RSUD Provinsi: RSUD Provinsi Kepri yang berada di Batu 8. f-suhardi/tanjungpinang pos

Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

TANJUNGPINANG – Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Indonesia Slamet Riyadi, mengatakan, saat ini tingkat popularitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang sudah naik level. RSUP kini menyandang predikat akreditasi Paripurna Kars 2012. Ke depan RSUD bertekad lebih meningkatkan pelayanan, keselamatan pasien yang butuh penanganan.

”Peningkatan mutu pelayanan kesehatan, keselamatan pasien ke depan harus jadi yang utama,” tegasnya saat ditemui di Tanjungpinang Rabu (1/11) kemarin.

Dalam sambutannya, Slamet menjelaskan, rumah sakit perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan yang diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan dan terjangkau oleh masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, sesuai dengan pedoman pengawasan rumah sakit. Yakni, mengawasi dan menjaga hak dan kewajiban pasien dan rumah sakit di wilayahnya.

Kemudian, mengawasi penerapan etika rumah sakit, etika profesi, dan peraturan perundang-undangan. Melakukan pelaporan hasil pengawasan kepada BPRS Nasional. Dilanjutkan dengan, melakukan analisis hasil pengawasan dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk digunakan sebagai bahan pembinaan. ”Terakhir, menerima pengaduan dan melakukan upaya penyelesaian sengketa dengan cara mediasi,” paparnya.

Berpedoman atas tugas pokok tersebut, kata Slamet, dibentuknya BPRS bertujuan mengawasi serta melindungi hak pasien dalam menerima pelayanan kesehatan. ”Sehingga tidak terjadi lagi seperti kasus bayi ”Debora” yang belakangan menghebohkan nasional,” tutupnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadhillah meminta rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sangat baik.

Mengingat, kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus diprioritaskan pada suatu daerah. Dikukuhkannya pengurus BPRS diharapkan dapat mengawasi serta memediasi segala permasalahan yang terjadi dalam pelayanan rumah sakit. ”Kita berharapa BPRS Kepri dapat bekerja optimal dalam melaksanakan tugasnya kedepan,” ungkapnya.

Ia juga mengajak masyarakat Kepri, tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar daerah maupun ke luar negeri, karena di Kepri sudah ada rumah sakit yang cukup baik. ”kita mampu bersaing dengan rumah saki lainnya,” ujarnya usai mengukuhkan pengurus BPRS Provinsi Kepri dan Tim Pengawas RSUP Kepri Periode 2017-2020 di Aula lantai 4 RSUP Ahmad Tabib Tanjungpinang.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here