RSUD Palmatak Segera Diakreditasi

0
66
Neslinda Ernawati

Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), melaksanakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) guna mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palmatak di akreditasi tahun ini.

ANAMBAS – Analis Fasilitas Peningkatan Kompetensi Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk KKA Neslinda Ernawati S Kep mengatakan, kegiatan ini untuk persiapan akreditasi RSUD.

Mengingat, Rumah Sakit Lapangan Palmatak telah berganti nama menjadi RSUD Palmatak. ”Semua tenaga dari mulai Bidan, perawat, sampai dengan security wajib ikut dalam pelatihan ini,” kata Neslinda, Jumat (20/4).

Neslinda menyebutkan, pemberian penilaian akreditasi sendiri langsung dari KARS, yang merupakan tim penilai supervisor independent untuk akreditasi rumah sakit yang langsung dari pusat.

Untuk tahun 2018, lanjut Neslinda, hanya RSUD Palmatak yang dilaksanakan akresitasi. Sedangkan RSUD Jemaja, akan ditargetkan akan dilaksanakan pada tahun 2019. ”Untuk tahun ini hanya RSUD Palmatak tahun depan target kita RSUD Jemaja yang diakreditasi,” jelasnya.

Rumah sakit yang dilakukan akreditasi, tambah Neslinda, tidak semua dipastikan lulus karena ada juga rumah sakit yang tidak lulus. ”Tidak ada jaminan untuk langsung lulus, bahkan tahun lalu ada rumah sakit yang tidak lulus dikarenakan tidak semua karyawannya diberikan pelatihan BHD,” tuturnya.

Akreditasi, kata Neslinda, merupakan program wajib Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Sebab, akreditasi itu salah satu penilaian pelayanan kesehatan, pelayanan administrasi kesehatan, dan usaha kesehatan masyarakat serta lainnya.

Saat ini, ungkap Neslinda, masih belum ada rumah sakit di Anambas yang terakreditasi kendati demikian untuk puskesmas sudah ada dua puskesmas yang terakreditasi yakni Puskesmas Siantan, dan Puskesmas Palmatak.

”Untuk tahun ini ada lima Puskesmas yang akan dilaksanakan akreditasi yakni Puskesmas Jemaja, Puskesmas Jemaja Timur, Puskesmas Siantan Selatan, Puskesmas Siantan Timur, dan Puskesmas Siantan Tengah,” tutupnya.

Dengan diakreditasinya Rumah Sakit Lapngan (RSL) menjadi RSUD, tentunya akan meningkat dari segi pelayanannya. Selain itu, RSUD merupakan jawaban bagi peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Anambas. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here