RT Tak Dilibatkan Bagi Kupon Sembako Gratis

0
497
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza menyerahkan sembako gratis kepada KPM.

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial (Dinsos) mulai membagikan paket sembako gratis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Meski demikian, beberapa masyarakat mampu malah menerima kupon dan teknis pembagian ada yang tidak melibatkan Ketua RT.

Pemko melalui APBD Pemko Tanjungpinang menyediakan 11.973 paket sembako dengan pagu anggaran Rp1.000.413.000.

Pelaksana Teknis Kegiatan (PPK), Kasi Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Tanjungpinang, Deden mengakui, menerima laporan terkait ada beberapa RT yang protes karena tidak dilibatkan dalam pembagian kupon.

Menurut Deden, mekanisme pembagian sembako sudah diatur. Yaitu dari Dinsos memberikan seluruh data penerima dan kupon ke setiap lurah. Setelah itu, teknis pembagian ke masyarakat diatur lurah masing-masing. ”Biasanya lurah menghubungi Ketua RT untuk membagikan ke masyarakatnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Krisis Air, SWRO Mangkrak

Meski demikian, terkait ada RT yang merasa tidak dilibatkan, biasanya karena saat didatangi pihak kelurahan RT yang bersangkutan tidak berada di rumah. ”Mungkin saat ke rumahnya, Ketua RT yang bersangkutan sedang tidak ada. Jadi dititip ke warga lainnya,” ucapnya.

Hal itu pun diakuinya sempat menjadi ria-riak di Kecamatan Bukit Bestari. Akhirnya selesai dengan penjelasan. Begitu juga, Ketua RT di Kecamatan Tanjungpinang Timur, mengaku tidak diberitahu terkait pembagian kupon sembako.

Salah satu RT di Kelurahan Pinang Kencana tersebut, menyebutkan bahwa ada warganya yang merasa mampu, tahun ini diberikan kupon sembako gratis tersebut. Deden menuturkan, bila ada warga tak mampu menerima bantuan akan ditinjau kembali. Ditegaskannya, bantuan dikhususkan kepada warga tak mampu.

Baca Juga :  Imunisasi Lengkap, 200 Anak Dapat Piagam

Dijelaskannya, penerima bantuan merupakan masyarakat yang sudah masuk Basis Data Terpadu (DPT) Tanjungpinang. Data ini berdasarkan BPS Tanjungpinang yang dikirimkan ke pusat. “Kami akan tinjau kembali laporan ini, biasanya setiap enam bulan ada pemuktahiran data,” ungkapnya.

Pembagian sembako dilaksanakan empat kali. Hari pertama di Kecamatan Bukit Bestari, Senin (28/5) kemarin. Dilanjutkannya, hari ini, Rabu (30/5) di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Setelah itu, Kamis (31/5) di Kecamatan Tanjungpinang Barat dan terakhir, Senin (4/6) di Kecamatan Tanjungpinang Kota. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here