Ruang Kelas SDN 16 Ditambah

0
257
Maskur Tilawahyu

Guru Tak Punya Ruang Majelis

Lantaran kekurangan ruangan, guru-guru di SDN 016 yang berlokasi di Jalan Hang Lekir Km 10 Perumahan Pinang Kencana Tanjungpinang Timur, belum memiliki majelis guru. Tahun 2018 ini, akan ada penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) di sekolah itu.

TANJUNGPINANG – Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang yang membidangi pendidikan, Maskur Tilawahyu mengatakan, tahun ini akan ada pembangunan dua unit RKB di sekolah.

”Pakai anggaran pusat dari DAK (Dana Alokasi Khusus). Masih banyak kurang ruangan di sekolah itu. Sampai-sampai para guru tak ada ruang majelisnya,” ujar Maskur Tilawahyu kepada Tanjungpinang Pos melalui ponselnya, Senin (5/3).

Maskur menambahkan, saat ini hanya ada tujuh ruangan di sekolah itu dan tidak mencukupi untuk siswanya. Apalagi, Tahun Ajaran (TA) baru nanti, pihak sekolah akan kembali menerima murid baru.

Kekurangan ruangan makin banyak. Untuk itulah, ia berharap pembangunan dua unit RKB di sekolah itu dipercepat. ”Lantai dua akan dibangun. Mudah-mudahan bisa cepat rampung biar cepat digunakan,” bebernya lagi.

Ia menjelaskan, apabila dua ruangan itu sudah rampung dibangun, bukan berarti sekolah itu sudah bebas kekurangan kelas. Tetap saja masih kurang. Sehingga, siswa Kelas I-II bisa shift-shift-an.

”Kalau Kelas I kan cepat pulang, lalu Kelas II bisa masuk pukul 11 atau kurang dan pulangnya juga lebih cepat. Itulah caranya menangani kekurangan ruangan itu,” bebernya lagi.

Politisi Partai Demokrat Tanjungpinang ini melanjutkan, sampai kini, kecamatan Tanjungpinang Timur maish kekurangan sekolah. Hal itu disebabkan, pertumbuhan penduduk dan pemukiman di kecamatan ini tidak seimbang dengan penyediaan sarana pendidikan dari pemerintah.

Ketika swasta membangun perumahan di daerah Tanjungpinang Timur dan sudah ditempati penduduk, namun sekolahnya belum ada. Sehingga, orangtua siswa harus mengantar anaknya jauh-jauh sekolah.

”Kasihan anak sama orangtua siswa. Karena mereka harus jauh sekolahnya dari rumah. Mau kemana lagi sekolah, tak ada yang dekat,” ungkapnya lagi.

Ia pun meminta masyarakat untuk bersabar terutama yang di daerah Perubahan Hang Tuah, Alam Tirta Lestari (ATL) dan perumahan sekitarnya. Karena di Perumahan ATL akan dibangun SDN 017.

Lahannya sudah ada sekitar 2.000 meter persegi hibah tanah dari developer yakni PT Sinar Bahagia Group milik Suryono. Kini, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang sedang menyiapkan administrasinya. Karena anggaran Rp 2 miliar dari pusat akan dipakai untuk memulai pembangunan sekolah itu.

”SD yang ada di Hang Tuah, di Perubahan Bintan Permai sudah padat. Siswanya sudah membeludak. Sementara perumahan baru sudah banyak bertambah. Anak-anak di perumahan itu harus jauh sekolah, makanya dibutuhkan sekolah baru,” jelasnya merinci.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here