Rudi Ajak Santri Berbaur dengan Warga

0
46
Walikota Batam Rudi bersama dengan pejabat di Batam saat upacara Hari Santri. Banyak peserta menggunakan sarung sebagai ciri khas santri. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Bersamaan dengan hari santri, Wali Kota Batam, HM Rudi mengajak santri berbaur dengan masyarakat. Membawa ilmu dari pesantren untuk bersama masyarakat dalam mencapai kehidupan lebih baik. Ilmu santri yang didapat di pesantren diminta untuk digunakan dengan baik di tengah masyarakat.

Himbauan itu disampaikan HM Rudi, usai upacara peringatan hari Santri, Senin (22/10), di Engku Putri, Batam Centre. ”Santri sama kita, sama. Tapi mereka kelompok yang diberikan disantri. Ilmu disantri bersama dimanafaatkan ditengah masyarakat. Santri ini harus berbaur dengan msyarakat dan negara,” himbau Rudi.

Rudi mengapresiasi para santri di Batam, yang menggelar upacara hari santri, di Engku Putri Batam Centre. Di mana, saat peringatan itu, hadir juga Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad bersama Muspida Batam. Sama dengan santri yang menggunakan sarung, para pejabat Batam juga menggunakan sarung.

”Santri menunjukkan, kehidupan mereka tidak beda jauh dengan yang kita ini. Mereka sempurna menaikkan bendera. Jadi, bagaimana santri bersama kita, membangun Batam,” harapnya.

Pada peringatan hari santri, santri Pondok Pesantren Husnaya, bertugas mengibarkan bendera merah putih. Selain petugas upacara, ada juga drum band santri, yaitu marching band Pondok Pesantren Al-Kautsar.

Ketua Panitia Peringatan Santri, Zulkarnain mengatakan upacara ini diikuti 10.000 santri dari 32 pondok pesantren dan madrasah di Kota Batam. ”Tujuan peringatan hari santri ini adalah meningkatkan keikutsertaan santri dalam membangun negeri,” jelasnya.

Selain itu, untuk menanamkan nilai moral pada santri, walau di pondok pesantren tetap berpegang teguh pada persatuan bangsa. Sebagai kegiatan memeriahkan hari santri, digelar perlombaan dengan 12 cabang seni yang diperlombakan seperti pidato tiga bahasa, hadroh, tahfidz quran, baca kitab kuning, dan sebagainya. Kemudian empat cabang olahraga dilombakan, yaitu futsal, tenis meja, silat, dan takraw. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here