Rudi Canangkan Tagar Batam Milik Kita

0
53
Kawasan Shipyard di Batam salah satu unggulan kota itu yang banyak menyerap lapangan kerja.

BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak masyarakat untuk menjaga Batam. Ajakan disampaikan melalui gerakan moral bertagar #BataMiliKita (Batam milik kita). Dihimbau agar masyarakat menjadikan tagar #BataMiliKita bisa diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

”Batam ini terdiri dari multi etnis, multi agama, multi suku, multi profesi, dan multi lainnya. Maka harus ada satu tekad yang menyatakan kita harus bersatu. Sering saat berpidato saya bertanya, Batam ini milik siapa, jawabannya Batam milik kita. Semua kita harus bersatu,” kata Rudi.

Pada bidang kebersihan misalnya melalui kegiatan gotong royong, gerakan tidak membuang sampah di jalan, tiap kendaraan memiliki tempat sampah agar tak buang ke jalan. Dalam hal tata kota, #BataMilikKita juga bisa diaplikasikan melalui kesadaran untuk tidak membuat bangunan di atas drainase.

”Tidak merusak taman yang telah dibuat, tak menempel atau memaku iklan di batang pohon, menjaga fasilitas umum, dan tidak melakukan aksi merusak,” imbaunya.

Parkir pada tempatnya, tidak memakai pedesterian untuk kegiatan selain pejalan kaki, juga bisa masuk dalam gerakan moral #BataMilikKita ini. Inti dari gerakan moral ini adalah mengajak masyarakat Batam untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap kota Batam. Baik dilakukan sendiri maupun saling mengingatkan satu sama lain.

”Batam ini masyarakatnya majemuk, berasal dari berbagai daerah dengan beragam budaya. Adat budaya tempatan harus kita junjung, tapi bukan berarti budaya lain dibiarkan saja. Semua bergandengan teratur,” tuturnya.

Diharapkan, gerakan moral ini bisa menyentuh seluruh masyarakat. Bila perlu akan dicanangkan secara khusus oleh Walikota. Sehingga pada akhirnya seluruh masyarakat tumbuh rasa memiliki dan mau menjaga Batam dari segala hal negatif. Batam menjadi kota yang lebih nyaman untuk ditempati warganya dan dikunjungi wisatawan.

”Akan kita canangkan, #BataMilikKita. Mari sebarluaskan semangat ini. Saya yakin suatu waktu nanti Batam ini hebat,” ujarnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here