Rudi Sebut Daya Tampung Sekolah Masih Kurang

0
115
Wali Kota Batam, HM Rudi saat meninjau proyek jalan di Batam, Selasa (11/6). F-HUMAS PEMKO
Keluhan banyaknya calon siswa di lingkungan sekolah negeri yang tidak diterima, disikapi Wali Kota Batam, HM Rudi. Kepala sekolah SMP negeri di Batam sudah diintruksikan, menerima data calon siswa yang tidak terakomodir. Waktu pendataan diberikan selama satu minggu.

BATAM – Demikian disampaikan HM Rudi menyikapi keluhan orang tua calon siswa di Batam, yang tidak terakomodir di sekolah negeri. Walau tidak dijanjikan semua akan diterima di sekolah, namun diminta agar calon siswa melaporkan sekolah terdekat untuk didata.

”Saya sudah panggil dan perintahkan Kadis Pendidikan, agar memanggil Kepsek. Bagi anak-anak yang dekat sekolah, agar dipanggil dan cek alamat mereka,” kata Rudi.

Pengecekan dilakukan terhadap data calon siswa, untuk mengetahui apakah calon siswa yang tidak diterima disekolah negeri, apa benar, tinggal dekat sekolah? Dari situ, Pemko akan mengetahui jumlah yang tinggal dekat sekolah, tidak diterima disekolah negeri.

”Sehingga kita tahu berapa jumlahnya. Kita minta data dulu,” sambung Rudi.

Calon siswa dihimbau agar melapor dulu ke sekolah dekat dengan kediamannya. ”Biar ada data, nanti Kepsek lapor ke Disdik. Kita minta datanya dulu. Untuk pengumpulan data, calon siswa yang harus proaktif mendatangi sekolah. Kita kasih waktu sekitar seminggulah,” tegasnya.

Ditanya potensi penambahan kelas baru untuk menampung calon siswa yang tidak tertampung saat ini, diakui peluangnya paling satu kelas per sekolah.

”Lihat sekolah dan guru-nya nanti. Kalau nambah satu kelas, mungkin bisa. Kalau lebih, butuh penambahan guru. Jadi butuh tambah anggaran juga untuk gaji,” imbuh dia.

Sebelumnya Rudi mengatakan, sejauh ini aturan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah dijalankan. Hanya saja di lapangan hadir perihal lain yakni membludaknya animo masyarakat menyekolahkan anaknya di sekolah negeri.

Selain kebijakan menambah rombongan belajar (rombel) tidak ada cara lain dalam waktu dekat. Untuk mengatasi persoalan daya tampung perlu penambahan infrastruktur pendidikan, unit sekolah baru dan ruang kelas baru.

Ditanya tahun depan berapa unit infrastruktur sekolah, Rudi tidak hafal namun yang jelas setiap tahun pihaknya menargetkan ada infrastruktur sekolah yang baru.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here