Rudi Tegaskan Komitmen Majukan Pariwisata

0
47
Walikota Batam bersama dengan pejabat Pemko Batam membuka Kenduri Seni Melayu yang ke 20. f-martua/TANJUNGPINANG POS

Kenduri Seni Melayu (KSM) sebagai salah satu agenda pariwisata Batam sudah dimulai. Ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ikut memeriahkan kegiatan yang digelar untuk ke-20 kali itu.

BATAM – Malam pembukaan yang berlangsung, Kamis (1/11) di Dataran Engku Putri, dimeriahkan penampilan artis Ibukota Iyeth Bustami. Pada kesempatan itu ditegaskan komitmen Pemko memajukan parawisata.

Iyeth tampil dengan membawakan lagu hitsnya zapin, tanjung katung dan laksmana Raja di laut. Wali Kota Batam, HM Rudi, mengharapkan acara ini dapat meningkatkan semangat kebudayaan Melayu di Batam. Diungkapkan jika Pemko Batam bersama DPRD Kota Batam telah sepakat untuk menghidupkan pariwisata di Kota Batam.

”Kami bersama DPRD Batam, sudah sepakat menghidupkan pariwisata,” ungkap Rudi.

Diyakini, dengan pembangunan dan penataan Batam, maka akan memberikan daya tarik lebih. ”Ibarat rumah jika didandani tentu orang rajin datang. Kalau kota cantik orang akan datang. Datang bukan hanya karena event tapi karena melihat keindahan kota. Jika Allah mengizinkan pada 2025 seluruh jalan utama dan jalan lingkungan di Batam akan selesai dikerjakan,” sambung Rudi.

Ke depan Rudi ingin pariwisata tidak hanya di kota atau di sekitar Nagoya saja, namun sampai ke tingkat kecamatan yang dikunjungi oleh wisatawan. Ia juga yakin target kunjungan wisata yang ditetapkan Presiden pada 2019 sebanyak 20 juta bisa dicapai. Batam katanya juga menyiapkan wisata religi dengan dibangunnya Masjid Agung Sultan Riayad Syah di Batuaji dan akan dipugarnya Masjid Agung Batamcenter. Harapannya kunjungan wisata religi bisa hidup.

”Masjid Agung Sultan Riayad Syah berkapasitas 25 ribu orang. Dibangun full AC, full keramik dan full karpet. Saya mengundang masyarakat Batam pada saat peresmiannya nanti,” katanya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batam, Zainal Abidin menyampaikan harapannya agar event ini meningkat setiap tahunnya. Ia mengatakan DPRD Kota Batam mendukung penuh Pemko Batam dalam membangun pariwisata di Kota Batam.

”Untuk apa kita mendukung pariwisata salah satunya agar turis masuk ke Batam. Itu salah satu untuk meningkatkan PAD bagaimana KSM ke depan menjadi kegiatan primadona,” harap Nuryanto.

Pihaknya diakui mendukung kegiatan Walikota membangun jalan agar Batam menjadi indah dan orang datang ke Batam. ”Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan Walikota bisa tercapai dan kami mengharapkan dukungan masyarakat Batam, karena semua yang dilakukan untuk warga Batam,” katanya mengakhiri.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan KSM menampilkan keindahan seni budaya melayu serumpun yang diramu bertonggak melayu. Peserta hadir untuk merajut kebersamaan dan gemilang budaya serumpun. Sehingga tetap lestari.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here