Rumah Kami Rusak, Tapi Tak Ada Duit

0
531
Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang saat kunjungi rumah penerima bantuan rehabilitasi RTLH beberapa waktu lalu. F-Istimewa

Yth anggota DPRD Tanjungpinang. Rumah saya sudah rusak. Apakah tahun ini ada bantuan perbaikan rumah seperti tahun tahun sebelumnya?

+6281372479085

TANGGAPAN:
TERIMA kasih untuk pertanyaannya. DPRD Tanjungpinang sangat mendukung program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat tak mampu.

Hanya saja tahun 2017 ini tidak ada alokasi dari APBD Pemko. Ini mungkin disebabkan beberapa hal, diantaranya bantuan dari provinsi dengan skema satu banding dua sudah tidak ada lagi.

Sebelumnya bila Pemko mengalokasikan anggaran perbaikan satu unit rumah maka provinsi akan mengalokasikan untuk dua unit rumah.

Namun, hal ini sudah tidak berjalan sejak 2015 dan 2016 saat ada defisit anggaran secara tiba-tiba dari pusat. Kebijakan provinsi tak mengalokasikan anggaran RTLH bagi warga tak mampu karena keterbatasan anggaran.

Meski demikian, Pemko pada waktu itu tetap menjalankan program RTLH namun sebagian ada yang harus dibayarkan setelah pengesahan APBD Perubahan.

Di APBD 2017, sepertinya Pemko tak mengalokasikan anggaran untuk RLTH. Tapi tetap saja ada angin segar buat masyarakat. Sebab, akan ada bantuan 600 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera).

Informasi ini dulu disampaikan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tanjungpinang, Surjadi sebelum menjabat sebagai Bappedalitbag Tanjungpinang sekarang.

Sesuai pengalaman 2015 dan 2016 Tanjungpinang menerima bantuan bedah kampung dari KemenPU-Pera. Masing-masing di bangun di Tanjungunggat dan Kampung Bugis.

Tetapi informasi yang diterima dari kabid Perkim Kota Tanjungpinang, Wanbok bahwa bantuan tersebut tidak ada tahun ini tidak terealisasi karena alasan pemberkasan.

Ini sangat mengecewakan padahal anggaran untuk dana pendampingan setiap rumah sudah dialokasikan di APBD Pemko. Ini lah yang perlu dikejar kembali di tahun berikutnya.

Sebab daerah lain seperti Batam, Lingga, Karimun dan Bintan tahun ini menerima bantuan dari KemenPU-Pera.

Saya berharap kegiatan seperti ini, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bisa terus dijalankan. Hal ini akan dibahas bersama Pemko Tanjungpinang. ***

Ade Angga
Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here