Rumdis Bupati Habiskan Rp76 Miliar

0
506
KAJATI Kepri Asri Agung bersama Bupati Natuna Hamid Rizal melihat maket perencanaan proyek gedung daerah yang menjadi rumah dinas bupati dengan anggaran Rp76 miliar.f-istimewa

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau (Kepri) Asri Agung Putra menyebutkan, Rumah Dinas Bupati Natuna atau yang dikenal juga dengan Gedung Daerah Kabupaten Natuna sebagai rumah dinas adalah yang termegah di Kepri dengan menghabiskan anggaran Rp76 miliar

NATUNA – ”Pak Bupati telah memaparkan, total anggaran untuk pembangunan ini sekitar Rp76 miliar. Kawasan ini akan dibangun secara multiyears, tahun pertama dianggarkan sebesar Rp24 miliar untuk rumah dinasnya dulu. Kemudian disusul dengan bangunan-bangunan dan sarana lainnya,” jelas Kajati Asri.

Meski pembangunannya on proses, tapi kesan megah gedung dan kawasan itu tampak jelas pada masterplan yang dipajang oleh pemerintah di area gedung tersebut.

”Rumah dinas ini masih dibangun, progresnya bagus dan lancar, targetnya Desember ini bangunan tahap awal tuntas. Kalau ini sudah jadi, saya rasa dia yang paling megah di Kepri,” kata Kajati Asri di Gedung Rumah Dinas Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, kemarin.

Baca Juga :  Kapal Sipil Pakai Radar Kapal Perang

Betapa tidak, kata Kajati Asri, gedung dengan diameter 631,95 meter persegi plus teras seluas 143 meter persegi itu berdiri di atas area seluas 9 hektare.

Berdasarkan gambar yang ada, gedung itu akan dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung lainnya yang berada di seputaran rumah dinas itu.

Disisi belakang, terdapat kolam renang dan area taman bertangga naik. Sementara disisi kanan bangunan, terdapat empat unit guesthouse (rumah inap) dan rumah ini akan berfungsi untuk mengakomodasi tamu-tamu negara yang berkunjung ke Natuna.

Disisi kanan ini juga terdapat bangunan dapur, power house serta area parkir dan taman bunga. Sedangkan di sisi kiri, tergambar sejumlah bangunan seperti mushalla (surau), pendopo sebagai tempat pertemuan dan taman berbunga.

Baca Juga :  Kewenangan Pemkab Sudah Lemah

Kemudian, dibagian depan gedung terdapat tanah lapang dengan rumput hijau dan tiang bendera serta taman air mancur.

Area ini akan berfungsi, sebagai lokasi acara-acara kedaerahan yang digelar Pemerintah Kabupaten Natuna.

Di bagian ini juga, akan dilengkapi dengan koridor jalan beraspal mulai dari jalan masuk, jalan sisi kanan, kiri dan belakang.

Secara keseluruhan, kawasan ini didukung dengan sistem drinase yang memadai. Kawasan itu berhadapan langsung dengan area Bukit Arai, pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Natuna.

Disekitarnya, juga terdapat sejumlah gedung kantor seperti Gedung Wanita Kabupaten Natuna, kantor Pangadilan Agama Ranai, Kantor Pengadilan Negeri Ranai dan Markas Kodim Natuna.

Baca Juga :  Kapolda Tinjau Berbagai Fasilitas di Natuna

Dibagian kiri dan belakang kawasan itu, terdapat hutan lindung, perdu dan perkebunan milik warga.

”Nanti kalau gedung ini sudah jadi dan ditempati, pak Bupati pergi ngantor pake kereta gantung aja. Biar keliatan semakin megah,” tuntas Kajati Asri, berkelakar.

Sebelumnya, Kajati Asri Agung juga menyampaikan adanya kelebihan pembayaran terhadap pengadaan kapal dinas Bupati Natuna Mv Indra Sakti 159 yang dibeli dari anggaran APBD Natuna Rp26,8 miliar. Kelebihan pembayaran itu, sebesar Rp1,6 miliar. Bupati Hamid berkilah, kelebihan itu masalah pemilihan plat bahan kapal. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here