Rusak Berat, Warga Perbaiki Jembatan

0
737
WARGA saat memperbaiki jembatan sungai curing untuk kelancaran akses warga, Minggu (4/2).F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Untuk melancarkan akses jalan antara Kota Ranai ke Batubi, warga ramai-ramai bertgotong-royong memperbaiki jembatan sungai Curing yang saat ini masih terbuat dari kayu yang hampir ambruk.

NATUNA – Hingga saat ini, Jembatan Curing satu-satunya yang belum dibangun dengan beton. Selain itu, jembatan Curing yang pertama kali dilintasi ketika menuju Batubi.

”Kita bersama warga bergotong-royong bahu-membahu, guna memperbaiki jembatan yang rusak. Hal ini supaya akses jalan bisa lancar,” kata Irawan, warga Batubi waktu memperbaiki jembatan Sungai Curing, Minggu (4/2).

Irawan mengatakan, gotong-royong itu merupakan inisiatif warga demi kelancaran lalu lintas warga untuk melintas ke Ranai. Sebab, hingga kini belum ada tindak lanjut dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menggantikan jembatan beton.

Baca Juga :  Insentif Kecil, Wilayah Pulau Kekurangan Dokter

”Kondisi jembatan yang hampir ambruk ini, terus kita diperbaiki dengan segala kemampuan. Karena sudah termakan usia, dan diterjang arus banjir beberapa pekan lalu. Apalagi, sampai sekarang belum ada antisipasi dari pemerintah untuk memperbaikinya,” ungkapnya.

Irawan juga menambahkan, kondisi jalan yang memperihatinkan itu sangat berbahaya dilalui pada malam hari tanpa adanya lampu penerangan jalan.

”Jembatan ini sangat berbahaya bagi pengendara roda dua, maupun roda empat untuk melintas di malam hari. Kerena kerusakan akibat roda enam yang melintas membuat lobang dimana-mana,” jelasnya.

Baca Juga :  Natuna dan Anambas Dominasi Kasus Korupsi

Pihaknya berharap, agar pembangunan jembatan yang satu ini bisa segera terealisasi pada tahun ini karena jembatan yang lainnya sudah hampir selesai.

”Kalau jembatan yang di Sungai Curing ada beberapa yang sudah dibangun, dan di sungai tengah sudah hampir selesai. Kalau bisa jembatan yang satu ini bisa segera dibangun juga,” tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Natuna Tasrif mengatakan, untuk pembangunan jembatan itu rencananya tahun ini akan segera dikerjakan. Tahun 2018 ini, Pemkab Natuna menerima kucuran dana APBN Rp 114 miliar.

Baca Juga :  Panen Cengkih Sambut Tahun 2020

Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan sejumlah jembatan dan jalan yang mengalami kerusakan. Tasrif Amran juga menyampaikan, saat ini pembangunan di Natuna masih banyak yang belum tersentuh.

Apalagi, banyak juga jalan yang sudah mengalami kerusakan yang harus diprioritaskan. ”Ada beberapa jembatan yang akan kita perbaiki tahun ini. Karena jembatan sebagai akses warga untuk ke kecamatan lainnya,” katanya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here