Rutan Antisipasi Tahanan Kabur

0
502
Dedi Handoko (kiri) dan Rony Widiyatmoko. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Tanjungpinang terus meningkatkan penjagaan dan keamanan, untuk mengantisipasi terjadi kaburnya tahanan. Akhir-akhir ini di Indonesia marak tahanan kabur salah satu penyebab karena Rutan tersebut sudah over kapasitas warga binaan. Di Rutan Tanjungpinang sendiri, saat ini ada 348 warga binaan.

Sedangkan daya tampung cuma 350 warga binaan. Belum over kapasitas. Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri Dedi Handoko mengatakan jumlah warga binaan yang semakin bertambah maka secara otomatis Rutan Tanjungpinang bakal over kapasitas. Saat ini mendekati over kapasitas.

Baca Juga :  100 Persen Listrik Prabayar Sudah Tersambung

”Mengantisipasi over kapasitas, sebagian warga binaan kita pindahkan ke Lapas Tanjungpinang,” katanya Rabu (27/6).

Ia meminta bantuan dari pihak kepolisian agar bisa melakukan patroli Sabang dan patroli pada saat di jam rawan. ”Kita selalu meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk mengantisipasi tahanan tidak kabur,” tuturnya.

Dedi menuturkan, saat ini juga Rutan Tanjungpinang sudah menggunakan sistem kunjungan IT. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para pengunjung seperti pengantrian kunjungan dan para pengunjung juga biodata tercatat. ”Bangun sudah tidak bisa diperluas maka kita tingkatkan di fasilitas,” jelasnya.

Baca Juga :  Lis: Teruslah Berkarya, Hasilkan Produk yang Berkualitas

Sementara itu, Kepala Rutan kelas I A Tanjungpinang Rony Widiyatmoko menuturkan, dengan sistem IT yang bernama pelayanan kunjungan sistem database kemasyarakatan online ini membuktikan kita bebas pungli, korupsi dan lebih rapi. ”Setiap pengunjung mulai dari foto, nama dan yang dikunjungi itu tercatat,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here