Rutan Kelas I Tanjungpinang Over Kapasitas

0
317
Para pengunjung tahan di Rutan Tanjungpinang F-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Banyaknya kasus kriminalitas yang terjadi di Tanjungpinang membuat daya tampung Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang melebihi kapasitas. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo mengatakan, Rutan hanya bisa menampung sebanyak 350 warga binaan.

Saat ini sudah ada sekitar 400 warga binaan dari berbagai kasus. Dinataranya korupsi, kriminal maupun narkoba. “Penghuni di sini sudah over kapasitas, warga binaan saat ini sudah mencapai angka 400. Sudah over kapasitas,” katanya Sabtu (5/5).

Fajar menyebutkan, dari 400 warga binaan ini, ada 212 narapidana dan 188 orang tahanan. Serta 47 orang terjerat kasus korupsi dan 121 orang kasus narkoba serta sisanya terjerat kasus lain sebanyak 232 orang.

“Dari 400 warga binaan ini, untuk laki-laki sebanyak 381 dan untuk wanita sebanyak 19 orang,” sebutnya.

Fajar menjelaskan, untuk meminimalisir over kapasitas tersebut, pemindahan dilakukan terhadap sejumlah tahanan yang sudah divonis pengadilan serta melihat masa tahanannya.

Bahkan, dalam waktu dekat, akan memindahkan beberapa warga binaan ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Tanjungpinang. “Meskipun sering melakukan pemindahan ke Lapas, namun tahanan yang masuk ke Rutan dari hari ke hari semakin banyak,” jelasnya.

Terkait penambahan kapasitas ruangan, Fajar menyatakan bahwa pihaknya pernah memiliki rencana, namun karena bangunan Rutan itu merupakan Cagar Budaya Kota Tanjungpinang, maka pembangunan belum ada sampai saat ini. “Ada rencana, tapi karena bangunan ini termasuk cagar budaya Tanjungpinang, maka kita urungkan dan tanah hiba dari Pemko Tanjungpinang juga tidak ada kabar,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here