Rutan Terima 7 Pistol dengan Peluru Serbuk Merica

0
910
Petugas Rutan Tanjungpinang menunjukkan Jet Protector, kemarin. F-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Paskakerusahan Mako Brimob Depok, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang menerima bantuan tujuh unit Jet Protector yang berpelurukan serbuk merica untuk peralatan pengamanan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo mengatakan, 7 unit Jet Protektor dari Dirjen Pemasyarakatan RI untuk digunakan meningkatkan penjagaan dan keamanan Rutan. Untuk berjaga-jaga agar di Rutan tetap aman. Sebab, saat ini kapasitas Rutan sudah over kapasitas.

Rutan hanya mampu menampung 350 orang, tapi sekarang sudah mendekati 400 orang. ”Alat ini digunakan apabila terjadi gangguan keamanan dari para warga binaan yang ada di dalam,” katanya.

Fajar menyebutkan, Jet Protector sejenis pistol yang pelurunya serbuk marica. Alat ini sudah banyak di pakai di Rutan di Indonesia. Fungsinya, apabila ditembak di bagian wajah dan mengenai mata akan perih sehingga dapat melumpuhkan bukan mematikan. ”Jarak efektif Jet Protector ini sejauh dua meter,” sebutnya.

Lanjutnya, Jet Protector digunakan oleh komandan jaga dan petugas jaga. Dalam penggunaan Jet Protector ini sendiri, sebelumnya petugas sudah diberi pelatihan dari Dirjen Pemasyarakatan.

”Diberi pelatihan beberapa waktu lalu cara-cara penggunaan senjata ini,” jelasnya.

Dengan adanya alat ini, pihaknya bisa lebih lagi terbantu dalam segi keamanan dan pengamanannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here