Rute Kijang-Belawan Dibuka Lagi

0
3893
KM Kelud saat sandar di pelabuhan.

Pelni Ubah Rute KM Kelud

PT Pelni mengubah salah satu rute kapal di Kepri yakni KM Kelud. Terhitung, 27 Januari 2019 nanti, KM Bukit Raya tidak lagi melayari rute lama. Namun, akan melayari rute baru.

TANJUNGPINANG – Kepala PT Pelni Tanjungpinang Kamaruzzaman mengatakan, selain ada rute baru KM Kelud, KM Dorolonda juga tidak lagi melayani penumpang di Kepri. Artinya, kapal ini tidak dioperasikan lagi di Kepri.

”Mulai 4 Januari 2019, KM Dorolonda tak melayani calon penumpang di Provinsi Kepri. Untuk selanjutnya, KM Sabuk Nusantara akan menggantikan KM Dorolonda,” ujar Kamaruzzaman kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (2/1) kemarin.

Selama ini, trayek KM Dorolonda yakni Kijang – Tanjungpriok – Surabaya – Makasar – Bau-bau – Namela Ambon – Ternate – Bitung (Pulang Pergi/PP).

Dijelaskannya, KM Kelud juga tidak melayari lagi rute pendek terhitung mulai 27 Januari 2019. Kapal ini akan masuk Kijang dengan rute panjang yakni Tanjung Priok – Kijang – Batam (Batuampar) – Belawan (line A). Kemudian Tanjung Priok – Batam – Tanjungbalai Karimun – Belawan (line B).

Berdasarkan data dari pihak PT Pelni, KM Kelud tiba di Kijang 27 Januari pukul 06.00 dan berangkat pukul 08.00.

Kapal di Kepri yang rutenya antardaerah dan antarprovinsi adalah KM Dorolonda, KM Umsini, KM Bukit Raya dan KM Kelud di Batam. Kemudian, Sabuk Nusantara 30, Sabuk Nusantara 39 dan Sabuk Nusantara 62.

”Untuk KM Kelud dan KM Bukit Raya tetap melayani penumpang Kepri,” ujarnya.

”Ke depan calon penumpang yang akan, menaiki KM Kelud, tak perlu harus ke Batam. Karena kapal tersebut juga menyinggahi Pelabuhan Kijang. Jadi calon penumpang yang mau ke Belawan tidak perlu lagi ke Batam. Sudah bisa naik di Pelabuhan Kijang,” beber mantan Kepala Pelni Jayapura itu.

Disinggung terkait 2019 ini, apakah Pelni akan memfasilitasi rute mereka ke Tambelan? Kamaruzzaman menambahkan, untuk rute Tambelan Bintan, juga mulai dioperasikan menggunakan KM Sabuk Nusantara 80 per tanggal 4 Januari 2019.

”KM Sanur 80 ini, juga akan melayani penumpang beberapa pulau kecil di Natuna, seperti Midai, Sedanau, Pulau Laut, dan Serasan,” bebernya.

Selama ini, trayek KM Bukit Raya adalah Tanjungpriok – Belinyu – Kijang – Letung – Tarempa – Natuna- Midai – Serasan – Tambelan – Pontianak – Surabaya (PP).

Sebelumnya, untuk Dorolonda masuk dalam salah satu daftar kapal Pelni yang home base-nya berada di Kijang dan Pelabuhan Batuampar Batam.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here