RUU Pemilu Disahkan, Status Panwaslu Permanen

0
7298
KOMPAK: Lukman Edy (kanan) dan Husnizar Hood (tengah) f-ist

TANJUNGPINANG – Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy mengaku sedih dengan adanya empat fraksi yang tak ikut serta dalam voting pengesahan RUU Pilkada jadi Undang-Undang Pemilu. Padahal, selama sembilan bulan terakhir, mereka yang walk out telah turut serta dalam pembahasan RUU tersebut. Namun, RUU Pemilu tetap disahkan melalui voting, Kamis (20/7) sidang DPR RI. ”Alhamdulillah, sudah disahkan jadi UU Pemilu,” kata Lukman Edi, saat dihubungi Tanjungpinang Pos melalui ponselnya, Jumat (21/7). Kata dia, salah satu UU Pemilu adalah status Panitia Pengawas Pemilu di kabupaten dan kota yang saat ini bersifat ad hoc diubah menjadi permanen.

Kebijakan ini diambil untuk membangun kesetaraan kelembagaan antara pengawas pemilu dan Komisi Pemilihan Umum di kabupaten dan kota yang sudah terlebih dahulu bersifat permanen. ”Berbahagia masyarakat kita yang ingin menjadi panwaslu. Sekarang sudah permanen. Masa Jabatannya lima tahun dan komisioiner Panwaslu sekarang sudah lima orang. Selama ini sistemnya ad hock yang artinya setelah pilkada masa jabatannya selesai. Sebelumnya, jumlahnya juga hanya tiga orang,” tegasnya.

Kata dia, dalam perjalanan Pansus RUU, banyak sekali pro dan kontra. Misalnya, Fraksi Hanura menginginkan agar KPU di kabupaten dan kota diubah statusnya dari permanen menjadi ad hock karena Panwas di kabupaten dan kota juga bersifat ad hock. Namun, sikap Fraksi Hanura berubah setelah muncul pandangan dari sebagian besar fraksi lain yang juga ingin agar Panwas kabupaten dan kota menjadi permanen.

”Jadi kalau di Provinsi Kepri sedang melaksanakan tahapan pemilihan anggota Panwaslu kabupaten/kota, ya memakai undang-undang baru ini,” tegasnya. Menurutnya, dengan permanennya panwaslu, diharapkan kinerja panwaslu benar-benar netral. Kalau panwaslu tak netral, maka pemilu tidak ada berjalan dengan lancar dan jujur. ”Panwaslu dan KPU sejajar. Sama-sama masa kerjanya lima tahun. Jumlah anggotanya juga lima orang,” tegasnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here